Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Siap Berpetualang Sambut Liburan? Tengok Dulu Tips di Sini

Rabu 18 Dec 2013 17:38 WIB

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Jaket bertudung atau hoodie

Jaket bertudung atau hoodie

REPUBLIKA.CO.ID, Liburan akhir tahun sebentara lagi dan Anda mungkin salah satu yang sedang merancang petualangan seru. Agar perjalanan Anda terasa nyaman persiapkan segala sesuatu dengan baik.

Memang sangat mungkin Anda menjumpai gangguan kecil yang membat tidak nyaman, karena itu ada baiknya ikuti tips sederhana untuk mengantisipasi gangguan saat melancong. Inilah tips yang dibagi oleh news.com.au.

1. Jangan gunakan sandal flip flops ( di pesawat).

Menurut mereka yang pernah bekerja di maskapai, salah satu anjuran adalah tidak mengenakan sandal dalam penerbangan pesawat. Dalam kondisi darurat, Anda sangat bersyukur memiliki alas kaki yang kuat yang melindungi kaki dari panas atau benda tajam.

2. Jaga mulut tertutup.

Maksudnya? Bila Anda melancong di negara di mana tidak aman untuk meminum air keran, tutup mulut ketika mandi menggunakan shower.

3. Bawa sabuk uang DAN dompet.

Ada dua tujuan dari ini, bila Anda dirampok anda bisa tenang menyeahkan dompet dan meneruskan petualangan anda dengan konflik minimum. Satu lagi bila bertemu teman bau gunakan dompet, karena bisa memalukan jika menggunakan uang dalam sabuk untuk membayar makanan atau minuman Anda.

4. Book lebih awal lounge di bandara

Bila anda melakukan penerbangan lama, pastikan anda mendapat spot dalam lounge bandara. Ada yang gratis dan juga berbayar, pastikan mendapat lingkungan tenang dengan minuman, makanan, majalah, koran atau WiFi. Ketika Anda meninggalkan lounge, bawa serta botol air mineral, sangat efektif dan merilekskan perjalanan Anda.

5. Jangan pernah tukar uang Anda di hotel.


Alih-alih carilah penukaran uang dengan nilai kurs yang lebih baik. Cari kartu kredit atau debit yang tidak memberi tambahan biaya di luar dan jangan sibukkan diri Anda dengan cek perjalanan lagi.

6. Selalu bawa jaket hoodie.

Pakaian ini mungkin menjadi seragam remaja jalanan, namun jaket dengan tudung bisa menjadi pakaian bepergian yang istimewa. Cukup tarik tudung ke kepala untuk menarik diri dari dunia suara dan cahaya ketika Anda ingin tidur dalam penerbangan, kursi airport atau bus.

7. Gulung pakaian Anda


Begitu Anda menggulung, setelah itu mungkin bertanya-tanya mengapa selama ini selalu repot melipat pakaian?

8. Pilih opsi vegetarian dalam pesawat.

Ini cara aman bila ingin mencegah diri dari kemungkinan menyantap daging atau ikan. Tapi bila Anda yakin jangan ragu menyantap menu apa pun yang disediakan maskapai.

9. Simpan buku panduan

Bila Anda di London misal dan harus bertanya tentang arah tapi tak ingin orang-orang menghindar, sembunyikan buku panduan dan peta.

10. Sinkronkan waktu tidur Anda.

Untuk mengatasi jet lag dengan cepat begitu tiba di tujuan, cobalah segera sesuaikan jam tidur dengan zona waktu di sana.

11. Hotel bukan satu-satunya tempat tidur.

Lupakan tinggal di hotel yang kelewat mahal atau hostel yang penuh dengan pelancong beransel yang berisik. Apartemen murah atau kamar sewa harian dalam rumah pribadi bisa menjadi tempat nyaman bagi petualang untuk beristirahat.

12. Selalu bawa sarung.


Oh, bahkan orang luar negeri pun menyarankan ini. Pakaian ini ringan dan multifungsi. Bisa jadi alas berbaring di pantai, selimut ketika merasa dingin, handuk, korden, rok bahkan perban darurat.

13. Bawa headphone peredam suara.

Ini penerbangan lama yang nyaman, investasikan beberapa headphone peredam suara berkualitas bagus. Banderolnya bisa cukup besar, namun sangat berharga untuk membuat sirna suara bayi menangis, pria mengorok atau obrolan berisik para remaja.

14. Bawa gadget siap internet.

Bila bepergian jauh untuk jangka waktu lama, bawa peralatan yang bisa menyahut gelombang WiFi dengan cepat, seperti smartphone atau tablet. Memang membawa barang mahal saat bepergian dengan ransel tidak disarankan, namun bisa sangat mahal menggunakan internet di jalanan, atau mungkin sulit ditemukan. Sementara di luar sana banyak tempat-tempat dengan Wi-Fi bertebaran dan Anda membutuhkan mereka untuk mengecek jadwal transportasi atau hal penting lain.

15. Gunakan bahasa tubuh.

Ketika ada kendala bahasa, meneriakkan bahasa Anda sekeras apa pun tak bisa membuat lawan bicara mengerti. Alih-alih gunakan bahasa tubuh. Ini adalah bahasa paling internasional di seluruh dunia. Jangan lupa untuk mengakhiri percakapan apa pun dengan senyum.

Selamat berpetualang!

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA