Sunday, 23 Rajab 1442 / 07 March 2021

Sunday, 23 Rajab 1442 / 07 March 2021

Mau Tidur Lebih Nyenyak Lagi? Patuhi 5 Hal Ini

Kamis 19 Dec 2013 15:19 WIB

Rep: mgrol22/ Red: Endah Hapsari

Tidur nyenyak (ilustrasi)

Tidur nyenyak (ilustrasi)

Foto: WIN MENTAL HEALTH

REPUBLIKA.CO.ID, Anda mungkin berpikir rutinitas tidur merupakan hal yang sederhana, seperti menggunakan piyama, mematikan lampu dan lain-lain. Tapi sebenarnya kebanyakan dari kita tidak tidur dengan benar sehingga hal itu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Berikut ini ada 5 aturan tidur yang bisa Anda ikuti agar Anda mendapatkan istirahat yang lebih baik dan sehat, seperti di lansir dari Huffington Post.

 

Aturan #1 : Mengatur jadwal tujuh hari per minggu

“Keteraturan dalam tidur sangat penting. Pergilah tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama secara alami, termasuk pada akhir pekan,” ujar pakar tidur, James B. Maas, Ph.D. Tujuannya agar Anda tidak mengalami gejala mirip dengan jet lag, mengantuk di siang hari, respon yang melambat, gangguan kognisi, kemurungan, dan kekurangan energi. 

 

Aturan #2 : Hentikan asupan kafein setelah pukul 14.00

Ketika tubuh mengalami penurunan fokus, ketika itu juga dorongan untuk mengonsumsi kafein akan muncul. “Enam jam setelah meneguk kafein terakhir Anda, kafein itu masih dalam tubuh Anda sehingga penting untuk menjaga asupan harian Anda di bawah 300 mg (seperti tiga cangkir kecil) dan hindari konsumsi setelah pukul 14.00,” kata Maas.

 

Aturan # 3: Kontrol suhu tubuh Anda

Kepanasan adalah pengganggu tidur yang utama. Yang harus Anda lakukan adalah mengatur suhu tubuh ketika tidur dengan memilih selimut dan piyama yang ringan dan menggunakan kipas atau AC.

 

Aturan # 4: Matikan perangkat Anda

Cahaya dari ponsel akan membuat Anda tetap terjaga. “Hindari penggunaan elektronik setidaknya satu jam sebelum tidur sehingga Anda tidak memblokir melatonin, hormon tidur yang disekresikan ketika Anda berada dalam gelap, dan menunda timbulnya tidur,” kata Maas. Atau Jika Anda tidak dapat meninggalkan kebiasaan itu, setidaknya meredupkan cahaya pada perangkat Anda.

 

Aturan # 5: Katakan tidak pada obat-obatan

“Resep obat tidur sebenarnya dapat benar-benar berbahaya karena dapat menyebabkan serangan jantung, stroke dan bahkan kematian,” kata Maas. Penggunaan obat tidur dapat membuat orang akan terus menggunakannya secara berkelanjutan sehingga tidak akan efektif bagi sebagian orang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA