Selasa 10 Dec 2013 05:55 WIB
Keuangan Syariah

Bank Syariah di Enam Negara Melonjak

keuangan syariah/ilustrasi
Foto: alifarabia.com
keuangan syariah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MANAMA -- Berdasarkan laporan Persaingan Bank Syariah Global 2013-2014, enam negara Islam mengalami pertumbuhan pasar perbankan secara signifikan. Enam negara yang mengalami pertumbuhan perbankan syariah itu, dikutip dari CPI Financial, adalah  Qatar, Indonesia, Arab Saudi, Malaysia, Uni Emirat Arab, dan Turki (QISMUT).

Laporan yang diumumkan dalam Konferensi Perbankan Syariah Global di Manama, Bahrain, aset di enam negara itu sebesar 78 persen dari seluruh perbankan syariah di seluruh dunia. Sedangkan, total aset perbankan syariah di seluruh dunia mencapai 1,72 triliun dolar AS. Angka ini meningkat dari jumlah aset di 2012 yang hanya mencapai 1,54 triliun dolar AS.

Aset itu berasal dari bank syariah murni--di Indonesia disebut bank umum syariah (BUS) dan bank komersial yang menyediakan layanan secara Islami (biasa disebut unit usaha syariah atau UUS). Kepala Keuangan MENA di Ernst & Young, Gordon Bennie meyakini kesuksesan dari perbankan syariah tergantung dari pertumbuhan aset mereka. Selain itu, tambah dia, kualitas dari pertumbuhan tersebut. Pertumbuhan juga terjadi sangat cepat di keenam negara QISMUT  karena pola perdagangan yang kini mendukung pasar perbankan syariah. Bank dengan konektivitas yang kuat akan mendapatkan keuntungan dari pertumbuhan ini.

Anggota dari Pusat Perbankan Syariah Global di Ernst & Young, Ashar Nazim, mengatakan Bahrain dan enam negara dengan pertumbuhan tertinggi adalah pasar penting bagi industri perbankan syariah di masa mendatang. Ia pun berharap pertumbuhan rata-rata per tahun (CAGR) di enam negara itu bisa mencapai 1,6 triliun AS di 2018. Sedangkan, angka pertumbuhan di 2012 untuk enam negara mencapai 567 miliar dolar AS.

Saat ini bank-bank syariah di seluruh dunia melayani sekitar 38 juta nasabah. Sementara, dua per tiga atau kurang lebih 25,3 juta nasabah berasal dari enam negara. Hanya saja, baru sedikit dari bank-bank syariah di enam negara itu yang bisa berinovasi demi nasabah. Ke depan, ia yakin inovasi bagi kepuasan nasabah menjadi kunci penting bagi bank syariah dibandingkan konvensional.

Sulitnya berinovasi, ungkap dia, karena pasar keuangan Islam berbeda antara satu negara dengan yang lain. Selain itu, tahap perkembangan juga berbeda. ''Profitabilitas berbeda secara signifikan dengan perbankan konvensional,'' ungkap dia.

Ia menambahkan saat ini tantangan terbesar bagi perbankan syariah adalah bagaimana menjadi pemain utama di pasar perbankan di negeri mereka. Proses diversifikasi produk untuk membangun merek juga menjadi tantangan. Selain itu, yang cukup sulit adalah menciptakan citra bahwa perbankan syariah berbeda dengan konvensional. n ichsan emrald alamsyah ed: irwan kelana

Informasi lengkap berita di atas serta berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement