Jumat 06 Dec 2013 15:04 WIB

Apakah Kopi Tidak Baik untuk Kesehatan?

Rep: mgrol22/ Red: Endah Hapsari
Perempuan minum kopi
Foto: sheknows.com
Perempuan minum kopi

REPUBLIKA.CO.ID, Kopi diketahui mengandung kafein yang bisa membuat seseorang menjadi ketagihan. Kafein dalam kopi terbukti tidak memberikan manfaat kesehatan, tapi tidak akan merugikan Anda ketika dikonsumsi secara tidak berlebihan yakni tiga cangkir sehari, menurut National Library of Medicine (NLM) seperti dilansir dari laman Upwave.

Namun, jika Anda memiliki asam lambung, rentan terhadap stres, memiliki tekanan darah tinggi atau detak jantung tidak teratur, Anda harus menghindari kopi yang berkafein atau hanya minum dalam jumlah kecil.

Kopi akan berakibat buruk bagi Anda jika efek sampingnya terutama mengakibatkan insomnia, buang air kecil meningkat, dan palpitasi jantung--kondisi dimana denyut jantung tidak teratur atau memiliki kecepatan abnormal. “Palpitasi jantung adalah hal yang sangat berbahaya,” kata ahli jantung Monica Reynolds, MD, dari Columbia Doctors Medical Group di White Plains, New York.

Kopi yang diminum di siang hari dapat membuat Anda bangun di malam hari. Kafein adalah diuretik, yang dapat meningkatkan produksi urine. Kopi dapat memicu keinginan untuk membersihkan kandung kemih Anda bahkan sejam setelah Anda meminumnya, sehingga membuat Anda berkali-kali pergi ke toilet dan bisa mengganggu tidur Anda.

Jadi, pikirlah masak-masak sebelum menenggak kopi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement