Jumat 06 Dec 2013 10:09 WIB

Jangan Sembarangan Beri Bayi Makanan Padat

Rep: mgrol22/ Red: Endah Hapsari
Makanan bayi
Foto: treehugger.com
Makanan bayi

REPUBLIKA.CO.ID, Pemberian makanan padat pada bayi berisiko mengakibatkan alergi makanan pada bayi, menurut sebuah penelitian. Bayi yang baru lahir wajib diberikan ASI sebagai makanan utama hingga minimal usia 6 bulan. Setelah itu bayi baru boleh diberi makanan padat sebagai makanan pendamping ASI.

Para peneliti dari Inggris melakukan penelitian dengan mengikutsertakan 1.140 bayi usia 0 bulan hingga 2 tahun, sementara ibu mereka mengisi buku harian yang merinci pola makan bayi dan mencatat hal-hal yang diduga reaksi alergi terhadap makanan.  Peneliti menemukan 41 bayi telah mengalami alergi makanan dan membandingkannya dengan 82 bayi lain yang memiliki usia sama dan kesehatannya terkontrol. Semua lahir antara Januari 2006 dan Oktober 2007.

Setelah mengontrol berat lahir, masa kehamilan, alergi ibu dan berbagai faktor lainnya, peneliti menemukan bahwa 17 minggu adalah usia penting untuk memperkenalkan bayi makanan padat. Jika sebelum usia 17 minggu, bayi bisa jadi akan mengalami alergi makanan. “Jangan memperkenalkan makanan padat hingga usia 17 minggu,” kata penulis utama, Kate EC Grimshaw, ahli gizi di University of Southampton, demikian dilansir Nytimes.com.

Ketika anak mulai diberi makanan padat, ibu harus terus menyusui juga. Terus menyusui saat memperkenalkan susu formula juga memiliki efek perlindungan terhadap alergi. Bagi ibu yang tidak bisa menyusui, sebaiknya tidak memperkenalkan makanan padat sampai 17 minggu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement