Rabu 04 Dec 2013 13:16 WIB

3 Pemicu Rambut Beruban

Rep: Reiny Dwinanda/ Red: Endah Hapsari
Rambut beruban saat masih muda (ilustrasi)
Foto: scienceline.org
Rambut beruban saat masih muda (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Tiap orang akan mendapatkan uban pertamanya di usia yang berbeda. Sejumlah hal membuat rambut menjadi memutih. Apa saja penyebabnya?

 

Triple 50 

Ahli dermatologi menyebutnya prinsip 50-50-50. Lima puluh persen populasi memiliki uban sebanyak 50 persen di saat berusia 50 tahun. Seiring bertambahnya usia, rambut juga mengalami perubahan tekstur, seperti juga kulit. Orang Kaukasia cenderung beruban lebih cepat dan yang berambut merahlah yang paling dulu beruban. “Setelah itu menyusul orang Asia dan Afrika-Amerika,” ujar dr Heather Woolery Lloyd selaku direktur ethnic skin care dari University of Miami School of Medicine, Amerika Serikat.

 

Peran stres

Kecemasan tak akan membuat rambut langsung memutih, tetapi stres banyak pengaruhnya terhadap kondisi kulit dan rambut. Saat sakit, misalnya, rambut orang cepat sekali rontok. “Lalu, setelah kejadian yang mem buat mental tertekan, seperti pascakemoterapi, rambut akan tum buh kembali dengan warna yang ber be da,” papar dr Roopal Kundu, associate professor bidang dermatologi di Feinberg School of Medicine. 

 

Gaya hidup 

Rokok berpengaruh buruk pada kulit dan rambut. Rendahnya kadar vitamin B12 merupakan penyebab terjamak menurunnya pigmen rambut. “Cobalah menyantap hati dan wortel untuk menghentikan proses pemutihan rambut,” kata dr Wlma Bergfeld, ahli dermatologi senior di Cleveland Clinic, seperti dikutip dari laman Goodhousekeeping.com. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement