Selasa 03 Dec 2013 09:32 WIB

Bingung Pilih Berlian? Patuhi 4 Hal Ini Dulu

Aneka bentuk cincin berlian
Foto: graziadaily.co.uk
Aneka bentuk cincin berlian

REPUBLIKA.CO.ID, Agaknya Anda harus tahu kriteria kualitas berlian sebelum Anda memastikannya sebagai ‘tanda cinta abadi’. Seiring dengan nilai dan harga berlian yang tak bisa dibilang murah di pasaran, Anda perlu mengetahui ciri-ciri kualitasnya sebelum mengeluarkan dana dari dompet untuk mendapatkannya. Ada empat kriteria berlian yang biasa disebut 4C.

 

1. Cut. 

Hasil teknik pemotongan batu berlian menjadi satu criteria penting untuk menentukan kualitas kilau berlian. Semakin halus, tajam, dan memiliki potongan presisi yang tepat antara diameter, permukaan atas, mahkota, dan tinggi butiran berlian tentunya kilau berlian semakin kuat dan indah.

 

2. Colorless. 

Berlian memiliki beberapa warna yang menjadi daya tarik tersendiri. Seperti, bening, putih, dan kekuningan. Warna-warna ini juga ikut mempengaruhi keindahan kilau berlian. Berlian yang berkilau bagai tetes air bening yang tertimpa cahaya tentunya memiliki nilai dan harga paling tinggi. 

 

3. Clear. 

Semakin bening dan bersih sebuah berlian dari goresan, noda, atau cacat alam akan kian tinggi nilainya. Kejernihan berlian ini dapat dilihat lewat teropong khusus. Pelajari dulu tingkat kebeningan berlian sebelum membelinya. 

 

4. Carat.

Ukuran karat menjadi hal yang paling dasar untuk menentukan nilai berlian. Sebab jarang sekali terdapat berlian dengan ukuran besar karena nilainya yang sangat tinggi. Berlian lebih umum diperdagangkan dalam butiran kecil bahkan halus (berlian tabur).Hanya saja tak ada standar baku yang bisa menentukan nilai dan harga berlian per karatnya. Karena berlian memiliki nilai relatif akibat adanya unsur kegemaran dan menjadi barang koleksi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement