Senin 02 Dec 2013 09:31 WIB

Tips Makeup untuk Kulit Berminyak

Rep: mgrol22/ Red: Endah Hapsari
Dandan (ilustrasi)
Dandan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Wanita dewasa hampir tak lepas menggunakan makeup untuk mempercantik penampilan. Namun, bagi wanita dengan jenis kulit berminyak, menggunakan makeup mungkin hanya akan membuat wajah makin mengilat bahkan bisa mengakibatkan jerawat. Tapi Anda tak perlu khawatir. Berikut ini adalah tips bermakeup untuk kulit berminyak, seperti dilansir dari laman WebMD.

Gunakan primer

Menggunakan primer akan membuat makeup bertahan lebih lama, kata seorang makeup artis, Emily Kate Warren di Los Angeles. Gunakan primer setidaknya pada T-Zone (dahi, hidung, dagu) dengan produk bebas minyak dan anti kilau.

 

Jangan menggunakan bedak berlebihan

Memakai bedak berlebihan hanya akan membuat pori-pori Anda mengeluarkan  lebih banyak minyak. Sebaiknya oleskan bedak hanya di daerah yang mengkilap.

 

Siapkan kertas minyak

jika Anda rentan terhadap kondisi kulit berminyak, wajah Anda akan terlihat mengilap di siang hari. Gunakan beberapa lembar kertas minyak untuk mengangkat minyak berlebih.

 

Gunakan produk bebas minyak

Gunakan produk (terutama pondasi dan blush on) yang bebas minyak dan non komedo, yang tidak menyumbat pori-pori Anda. Juga, gunakan pembersih wajah dan toner yang mengandung asam glikolat untuk mengurangi kelebihan minyak, kata Elizabeth Tanzi, MD.

 

Yang penting halus bukan licin

Sebelum Anda memakai make up Anda, gunakan pelembab ringan yang menghidrasi tanpa berminyak. Jangan lupa menggunakan tabir surya, cari formula yang bebas minyak. Setelah Anda menggunakannya, taruh tisu di wajah Anda dan tekan dengan lembut untuk mengurangi dayanya sebelum menerapkan dasar riasan.

 

Gunakan masker

Gunakan masker perawatan sekali atau dua kali dalam seminggu yang terbuat dengan kaolin atau lempung bentonit. Masker tersebut secara alami menyerap minyak dan kotoran sambil meredakan iritasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement