Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Penataan Kawasan Malioboro Dimulai 2014

Sabtu 30 Nov 2013 08:51 WIB

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Endah Hapsari

 Kawasan Malioboro Yogyakarta

Kawasan Malioboro Yogyakarta

Foto: Antara/Noveradika

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Program penataan kawasan Malioboro termasuk sayembara penataan kawasan Malioboro yang menggunakan dana keistimewaan (danais) senilai Rp 1,5 miliar akan dilaksanakan tahun 2014.

Sebetulnya program tersebut direncanakan dilaksanakan akhir tahun ini, tetapi karena danais baru ditransfer dari Pemerintah Pusat Kamis sore (28/11), akhirnya program sayembara penataan kawasan Malioboro ditangguhkan, kata Kepala Bappeda DIY Tavip Agus Rayanto.

Menurut dia, dselenggarakannya sayembara penataan kawasan Malioboro  karena bangunan yang ada sekarang terlihat tidak selaras, ada bangunan lama dan bangunan baru. Sayembara itu direncanakan bersamaan dengan proses sosialisasi bagi para pelaku usaha dan stake holder Malioboro. ''Namun  karena pencairan danais baru bisa diakses sebulan sebelum tutup tahun, maka program penataan kawasan Malioboro ditunda,''kata Tavip. 

Sebulan sebelumnya  Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP dan ESDM) DIY Rani Sjamsinarsi juga telah mengatakan bahwa  proyek penataan tata ruang di sumbu filosofi Yogyakarta mulai dari Tugu Pal Putih, Malioboro, Keraton Kasultanan Yogyakarta hingga Panggung Krapyak terancam batal karena hanya menyisakan waktu efektif November dan Desember. 

''Untuk merealisasikan pembangunan fisik termasuk penataan kawasan Malioboro sulit dilakukan dengan sisa waktu hanya dua bulan.  Karena itu kami fokus pada proyek nonfisik dulu,''tutur dia. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA