Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Sejuta Anak Tuli di India Perlu Perawatan Medis Modern

Kamis 28 Nov 2013 20:08 WIB

Red: Dewi Mardiani

Seorang anak tengah diperiksa atas gangguan pendengaran. Ilustrasi.

Seorang anak tengah diperiksa atas gangguan pendengaran. Ilustrasi.

Foto: qatarisbooming.com

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Hampir satu juta anak tuli di India memerlukan perawatan medis modern, seperti pencangkokan alat bantu dengar, kata seorang menteri senior pada Kamis (28/11).

"Sekali pun lebih dari 20 ribu pencangkokan koklea sudah dilakukan di seluruh India, kami masih menghadapi tugas berat dengan sebanyak satu juta anak yang menunggu pencangkokan. Bagi banyak di antara mereka, biaya pencangkokan jauh dari jangkauan," kata Menteri Lingkungan Hidup India, Jayanthi Natarajan, dalam satu seminar mengenai tuli di Ibu Kota Negara Bagian Adnhra Pradesh, India Selatan, Hyderabad.

Menteri tersebut, menurut laporan Xinhua, menyerukan upaya menyeluruh oleh pemerintah, kelompok medis, dan pihak lain terkait untuk menangani masalah tersebut. "Itu dapat membuat perubahan luar biasa dalam kehidupan anak tuli dengan membawa mereka ke luar dari dunia kebisuan yang suram, ke dunia hiruk-pikuk suara."

Natarajan menambahkan, "Upaya semacam itu dapat hanya dipenuhi ketika teknologi merambat ke seluruh daerah pedesaan di negeri tersebut. Keberhasilan upaya semacam itu akan menghasilkan terwujudnya India yang bebas dari tuli dalam waktu dekat."

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA