Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Jembatan Musi III dan IV Segera Dibangun

Senin 25 Nov 2013 22:31 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

 Ratusan kendaraan yang didominasi truk memadati jalan lintas timur (Jalintim) Sumatera di kawasan Jembatan Musi II Palembang, Sumatera Selatan.

Ratusan kendaraan yang didominasi truk memadati jalan lintas timur (Jalintim) Sumatera di kawasan Jembatan Musi II Palembang, Sumatera Selatan.

Foto: Antara/Nia Fua'di

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Jembatan Musi III dan IV di Kota Palembang, Sumatera Selatan segera dibangun sehingga bisa mengurangi beban jembatan Ampera yang lalu lintas kendaraannya semakin padat.

Kalau untuk jembatan Musi III saat ini dalam tahap revisi desain oleh Kementerian Pekerjaan Umum, kata Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki menanggapi pertanyaan dari Fraksi Partai Golkar tentang infrastruktur pada rapat paripurna DPRD provinsi setempat di Palembang, Senin (25/11).

Menurut dia, untuk pembangunan jembatan Musi IV saat ini dalam tahap review FS, sedangkan review detail engineering design (DED) dan Amdal akan dilaksanakan tahun 2014.

Revisi desain masih perlu dilakukan sehubungan adanya pergeseran lokasi serta masih ada lahan yang belum dibebaskan, katanya.

Sementara mengenai pembangunan jembatan layang Simpang Jakabaring saat ini dalam proses pembangunan dan pelebaran persimpangan serta pembangunan drainase di rencanakan akan selesai tahun 2015.

Kemudian untuk pembangunan jalan terowongan (underpass) Simpang Patal yang akan dibangun dengan dana APBN, saat ini sedang tahap pengerjaan pelebaran jalan dan pembuatan drainase.

Pembangunan pondasi dan struktur akan dilaksanakan tahun 2014 dan diperkirakan selesai tahun 2015, jelasnya.

Sementara untuk rel kereta api dari stasiun Simpang menuju Tanjung Api-Api, rencana pembangunannya sudah masuk dalam buku Publik Private Partnership (PPP) Bappenas tahun 2013 dan sudah dilakukan pra FS oleh Kementerian Perhubungan.

Selanjutnya pelabuhan penyeberangan Tanjung Api-Api saat ini pembangunan bagian perairan yang menggunakan dana APBN sedang dalam tahap penyelesaian, sedangkan pembangunan bagian darat yang menggunakan dana APBD direncanakan selesai tahun 2015.

Untuk fasilitas lapangan parkir direncanakan dilaksanakan tahun 2014, pelabuhan ini direncanakan mulai beroperasi pada 11 Desember 2013, katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA