Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Barcelona Siap Ikat Kiper Muda Jerman

Selasa 19 Nov 2013 16:43 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Fernan Rahadi

Ter Stegen

Ter Stegen

Foto: Reuters/Ina Fassbender

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Musim ini bakal menjadi musim terakhir Victor Valdes di pos penjaga gawang Barcelona. Tidak perlu waktu lama buat El Barca, dari sejumlah nama penjaga gawang, Barcelona ternyata lebih memilih penjaga gawang Borussia Monchengladbach, Marc Andre Ter Stegen, sebagai calon kuat pengganti Valdes.

Seperti dilansir Mundo Deportivo, Direktur Olah Raga Barcelona, Andoni Zubizaretta, kabarnya telah menemui pihak Borussia Monchengladbach demi bisa membuka kemungkinan merekrut kiper berusia 21 tahun tersebut. Bahkan, kesepatakan prakontrak antara kedua klub itu soal kepindahan Ter Stegen itu juga telah tercapai.

Ketika ditanya soal perkembangan negosiasi ini, Ter Stegen mengaku belum tahu pasti. Namun meski mengaku masih kerasan memperkuat Monchengladbach, tapi Ter Stegen juga tidak bisa menyembunyikan keinginannya untuk bisa bergabung dengan salah satu tim raksasa Spanyol tersebut.

''Saya masih fokus bermain untuk Borussia. Sangat menyenangkan mendengar ketertarikan Barcelona tersebut. Hanya itu yang bisa saya kataka, saya senang berada di sini, tapi kami akan melihat apa yang akan terjadi selanjutnya,'' kata Ter Stegen.

Kabar ini seoalah menenggelamkan rumor ketertarikan Barcelona terhadap sejumlah penjaga gawang di klub-klub besar Eropa. Sebelumnya, juara La Liga musim lalu itu sempat disebut-sebut tertarik mendatangkan kiper Glasgow Celtic, Fraser Forster, penjaga gawang Napoli asal Liverpool, Pepe Reina, dan bahkan kiper Chelsea yang tengah menjalani masa peminjaman di Atletico Madrid, Thibaut Courtois.

Kendati begitu, Ter Stegen bukan tanpa kritik. Menurut sebagian pengamat, Ter Stegen dianggap masih terlalu muda untuk bisa menggantikan peran Valdes. Memang dilihat dari aspek pengalaman, Ter Stegen bisa dibilang belum terlalu banyak makan asam garam kompetisi top Eropa. Jika dibandingkan dengan Valdes, yang sudah bergabung selama 11 tahun di Barcelona, Ter Stegen memang bukan tandingan Valdes.

Ter Stegen baru tiga musim melakoni kompetisi Bundesliga satu musim penuh, sejak menembus tim utama pada awal musim 2011/2012. Namun, di tiga musim itu, Ter Stegen terbukti mampu menjadi andalan Monchengladbach dengan mencetak 105 penampilan di tiga musim Bundesliga.

''Tidak ada istilah terlalu muda, jika kamu memang pemain yang bagus. Marc adalah pemain yang sangat bagus. Saya senang dia masih bermain untuk Gladbach, padahal sebenarnya dia bisa bergabung dengan Barcelona dalam lima tahun ke depan,'' kata bek Borussia Monchengladbach asal Spanyol, Alvaro Dominguez, seperti dikutip Sky Sports.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA