Rabu 20 Nov 2013 16:02 WIB

Nikmatnya Memanjakan Diri di Spa

Relaksasi di spa pun bisa menghadirkan rasa nyaman/ilustrasi
Foto: retailmenot.com
Relaksasi di spa pun bisa menghadirkan rasa nyaman/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Spa, kini bertebaran di berbagai penjuru kota besar. Walau begitu, belum semua orang paham, apa sebenarnya spa dan perawatan apa saja yang bisa didapatkan di sana. Apa bedanya dengan salon? Seperti dijelaskan Wiwit Azmi Lestari, supervisor training for treatments Mustika Ratu, pelayanan di spa mencakup perawatan kecantikan dan kesehatan untuk raga, jiwa, dan sukma.

Perawatan jiwa maksudnya, upaya mengembalikan kondisi jiwa dari yang tidak seimbang akibat stres atau kelelahan, menjadi kembali seimbang. Stres dan kelelahan itu, menurut dia, bisa memperlemah fisik (raga) sehingga kualitas hidup menjadi rendah. ''Makanya, harus di-up date agar jiwa, raga, dan sukma kembali seimbang,'' kata perempuan yang biasa disapa Wiwit ini. 

 datang ke tempat spa, Anda bisa melihat bahwa pelayanan dan perawatan yang diberikan sangat berbeda dengan salon. Perawatan di spa akan benar-benar memanjakan kelima panca indera kita. Mata kita misalnya, akan disuguhi senyuman ramah dari para pegawai, serta desain tempat yang cantik. Indera penciuman kita akan dimanjakan oleh aroma terapi yang menyejukkan. Sementara indera pendengaran dihibur oleh alunan musik yang menenangkan jiwa, seperti musik klasik ataupun gending jawa. Indera pengecap (lidah) disuguhi minuman segar yang menyehatkan, dan indera peraba (kulit) akan mendapatkan perawatan khusus yakni perabaan. 

Perabaan dilakukan di sekujur tubuh, mulai dari rambut sampai ujung kaki. Body treatment ini berfungsi mengembalikan kesegaran dan kebugaran tubuh. Perawatan ini diawali dengan scrub yaitu mengangkat kotoran atau kulit mati. Dilanjutkan pijatan (message) untuk mengendurkan otot-otot yang tegang dan melancarkan peredaran darah. 

Selanjutnya, dibaluri masker untuk memberikan nutrisi. Setelah kering, berendam di air berbunga selama 30 menit. Air ini bisa ditambah cairan lain sesuai keinginan, semisal cairan untuk menghaluskan kulit, melancarkan peredaran darah, detoksifikasi, dan lainnya. Terakhir, pemberian lotion aromaterapi untuk melembutkan dan melindungi kulit. 

Rangkaian perawatan ini, menurut Wiwit, tak bisa diputus atau diubah urutannya. Misalkan, ingin lulur saja atau pijit saja. ''Itu tidak bisa, karena tahapan itu sudah merupakan satu rangkaian yang tidak bisa dipisahkan,'' kata perempuan berusia 27 tahun ini. 

Rangkaian spa tubuh ini termasuk juga perawatan wajah, spa untuk rambut, spa kaki dan tangan. Seluruh rangkaian perawatan ini, tentu saja butuh waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu, jika ingin memanjakan diri di spa, sebaiknya luangkan waktu secara khusus. Kata Wiwit, perawatan spa total (dari ujung rambut sampai kaki) butuh waktu sampai enam jam. Biaya? Tentu bervariasi, antara tempat spa yang satu dengan lainnya. Namun sekadar gambaran, di tempat spa di mana Wiwit bekerja, biayanya di atas Rp 1 juta. Bukan angka yang kecil memang. Tapi, ini sebanding dengan perawatan dan kenyamanan yang akan Anda rasakan. Jadi, selamat memanjakan diri! 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement