Selasa 12 Nov 2013 08:17 WIB
Liga Inggris

Langkah Besar Iblis Merah

Manchester United
Foto: AP
Manchester United

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Membukukan start terburuk sejak 1984, Manchester United disebut-sebut bakal sulit mempertahankan mahkota Liga Primer Inggris. Tapi, keraguan itu dijawab dengan sebuah kemenangan penting. United sukses menghentikan laju sembilan laga tanpa kalah Arsenal di Liga Primer Inggris lewat gol semata wayang Robin van Persie, Ahad (10/11) waktu setempat.

Menghadapi lawatan pemuncak klasemen sementara Liga Primer Inggris, United langsung mengambil inisiatif serangan sejak menit pertama laga. Juara Liga Primer Inggris musim lalu itu seolah tidak mau memberikan kesempatan buat tim besutan Arsene Wenger itu untuk mengembangkan permainan.

Hasilnya, sebuah tendangan penjuru dari Wayne Rooney dimanfaatkan dengan sempurna oleh Robin Van Persie. Penyerang asal Belanda itu menanduk bola dari sebelah kiri kotak penalti the Gunners dan bola pun meluncur mulus ke pojok kanan gawang tim tamu.

Setelah gol Van Persie, Arsenal mencoba membalas. Tapi, hingga babak pertama tidak ada gol yang tercipta. Pelatih Arsenal, Arsene Wenger, tidak kehilangan akal. Berniat mengakhiri kutukan setiap berlaga di Old Trafford, Wenger memasukkan Nicklas Bendtner dan Jack Wilshere demi menambah daya gedor. The Gunners pun menguasai jalannya laga, terutama pada babak kedua.

Peluang terbaik yang diraih Arsenal adalah kala bola umpan Bakary Sagna mampu melintas di mulut gawang United pada menit-menit akhir laga. Tapi, sayang Bendtner dan Oliver Giroud tak mampu menyambar bola tersebut. Arsenal pun terus memperpanjang kutukan tidak pernah menang di Old Trafford sejak 2006.

Wenger pun mengakui, catatan buruk ini yang menjadi salah satu alasan buruknya penampilan timnya di laga tersebut. Padahal, sebelum laga ini Arsenal mampu mengalahkan dua tim besar Eropa, Liverpool dan Borussia Dortmund. “Kami benar-benar bermain terlalu grogi pada babak pertama. Sekali lagi, laga ini menjadi laga yang ketat dan ditentukan dari sebuah eksekusi bola mati,” kata Wenger, seperti dikutip BBC, Senin (11/11).

Buat United, kemenangan ini mengembalikan United ke papan atas klasemen sementara Liga Primer Inggris. Sempat terpuruk di posisi ke-12, United kini merangsek ke posisi kelima klasemen sementara dengan raihan 20 poin, memiliki selisih lima angka dengan Arsenal yang berada di puncak klasemen sementara. “Kemenangan ini merupakan langkah besar buat kami. Saya tidak tahu apakah kemenangan ini menjadi pernyataan dari kami buat pesaing-pesaing kami di Liga Primer Inggris,” kata Moyes, dikutip The Independent. n c90 ed: andri saubani

Fakta Angka:

1.000 - Ini merupakan raihan poin ke-1.000 David Moyes dari 634 laga Liga Primer Inggris.

5 - Robin van Persie selalu mencetak gol dalam lima laga terakhir antara United kontra Arsenal.

16 - Everton di bawah kendali David Moyes mampu menghentikan Arsenal mencetak gol ke gawang lawan di kancah Liga Primer, tepatnya 16 pertandingan silam.

60% - Jumlah penguasaan bola Arsenal dibanding United yang hanya mampu mengemas 40 persen.

Sumber: BBC

Pengolah Data: Reja Irfa Widodo

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement