Senin 11 Nov 2013 15:24 WIB

Menag Usulkan Dua UIN Jadi World Class University

Rep: Amri Amrullah/ Red: Mansyur Faqih
Menteri Agama Suryadharma Ali.
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Menteri Agama Suryadharma Ali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang diproyeksikan menjadi perguruan tinggi negeri Islam yang berkompetensi global (World Class University). Dua kampus tersebut dianggap telah memiliki kualitas dan syarat yang bisa terpenuhi sebagai World Class University. 

Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, dari sarana dan prasarana, dua UIN tersebut bisa dibilang cukup baik. Bahkan, sangat baik bila dibandingkan kampus UIN lain di Indonesia.

Ia pun sudah membicarakan keinginan Kemenag terhadap dua kampus ini kepada presiden. "Presiden menyambut baik, dan dalam waktu dekat kita akan mempertemukan dua rektor ini dengan presiden," ujar Menag.

Ia menyatakan, alasan untuk menaikkan kelas dua UIN ini untuk memperbaiki kualitas pendidikan di bawah koordinasi lemenag. Apalagi, beberapa tahun terakhir, lembaga pendidikan tinggi di bawah Kemenag terus menaikkan status. Dari semula berstatus Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan dari IAIN menjadi UIN.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement