Saturday, 22 Rajab 1442 / 06 March 2021

Saturday, 22 Rajab 1442 / 06 March 2021

Klub Brasil Luncurkan Jersey Bergambar Che Guevara

Kamis 07 Nov 2013 15:20 WIB

Red: Didi Purwadi

 Che Guevara

Che Guevara

Foto: Reuters/Desmond Boylan

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAULO -- Klub sepak bola Brasil berhasil memikat hati para penggemar dan sektor komersial dengan desain kostum baru yang menampilkan wajah pejuang revolusioner Kuba, Che Guevara.

Madureira, klub divisi ketiga dari utara Rio de Janeiro, meletakkan wajah populer Che pada kostum mereka untuk memperingati tur ke negara itu yang mereka lakukan 50 tahun silam.

Kostum kiper didesain persis seperti bendera Kuba. Desain-desain kostum berwarna merah marun tersebut menampilkan bayangan citra sang sosok revolusioner.

Desain kostum tersebut belum digunakan di pertandingan resmi, namun mereka telah meraih kesuksesan di kalangan para penggemar.

Penjualan telah meroket dari biasanya. Jumlah penjualan meningkat dari sepuluh kostum per bulan menjadi lebih dari 3.000 kaos dalam beberapa pekan sejak kostum itu diluncurkan.

"Pabrik tidak dapat mengatasi permintaan yang ada," kata presiden Madureira, Elias Duba, kepada Reuters.

"Saya tidak memiliki tim besar untuk menggunakan mereka, namun semua perhatian telah meyakinkan saya hal yang sebaliknya,'' katanya.

Klub ini memilih untuk menghormati Che, pejuang revolusioner kelahiran Argentina yang membantu Fidel Castro meraih kekuasaan di Kuba pada 1959, setelah memainkan lima pertandingan di sana pada 1963.

''Che menemui para pemain di hotel mereka di Havana dan menyaksikan pertandingan terakhir pada tur di mana mereka berhasil tidak menelan satu pun kekalahan,'' kata Duba.

Madureira mengklaim telah melakukan tur luar negeri terpanjang dari semua klub-klub Brasil lainnya. Pada 1950-an dan 1960-an, klub-klub Brazil, termasuk Santos yang masih diperkuat Pele dan Botafogo yang dibela Garrincha, secara reguler menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk memainkan sejumlah pertandingan persahabatan di luar negeri.

Pada 1963, Madureira menghabiskan 144 hari di sejumlah negara di antaranya Jepang dan Amerika Serikat, memainkan 36 pertandingan, dan memenangi 23 di antaranya.

Klub sekarang tengah melakukan pembicaraan dengan otoritas Kuba sambil berharap mereka dapat kembali ke sana untuk melakukan tur pramusim pada 2014. Dengan kaos bergambar Che mereka.

"Ini benar-benar indah. Salah satu kaus paling bagus yang pernah saya lihat dalam kurun waktu yang lama," kata kiper Robertinho. "Bahkan, penggemar tim-tim lain ingin membelinya."

sumber : Antara/Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA