Selasa 29 Oct 2013 14:12 WIB

PPI Prancis Gelar OKTI 2013

Kota Paris, Prancis.
Foto: dentons.com
Kota Paris, Prancis.

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Prancis kembali menggelar ajang Olimpiade Karya Tulis Ilmiah (OKTI) 2013 pada tanggal 26-27 Oktober 2013 di Paris, Prancis. OKTI merupakan acara dua tahunan yang diselenggarakan PPI Prancis dan pertama digelar pada tahun 2009.

OKTI merupakan salah satu forum ilmiah bergengsi di Eropa khususnya dan internasional umumnya. Kegiatan OKTI melibatkan mahasiswa Indonesia yang tersebar di berbagai negara untuk mengirimkan paper terbaiknya dalam bidang sains, teknik, sosial humaniora, pendidikan dan ekonomi.

OKTI 2013 berhasil menerima 400 abstrak mahasiswa dari berbagai negara. Dalam proses seleksi yang ketat, telah terpilih  sebanyak 25 paper terbaik yang akan dipresentasikan di KBRI Paris.

OKTI 2013 mengusung tema "Innovative Solution for the Future of Indonesia". Tema ini dipilih karena PPI Prancis merasa penting melahirkan inovasi dalam menghadapi berbagai masalah yang akan dihadapi Indonesia di masa depan. Paper-paper terbaik yang akan dipresentasikan memiliki pesan yang kuat dalam tema inovasi, sebagaimana diusung dalam tema OKTI. 

Dalam acara puncak OKTI 2013 di Paris, selain dihadiri mahasiswa Indonesia di Prancis dan finalis yang akan mempresentasikan papernya, juga akan dihadiri oleh Dr.Ing Ilham Habibie, MBA dan Dr Dessy Irawati sebagai keynote speaker. Dr. Ing Ilham Habibie adalah Presidium ICMI Pusat dan memiliki pengalaman panjang dalam industri dirgantara, sementara Dr Dessy Irawati adalah Ketua Umum I-4 (International Indonesian Scholars Association) Periode 2013-2015.

Perwakilan perhimpunan-perhimpunan pelajar se-ASEAN di Prancis juga diundang untuk datang dan berdiskusi. Hal ini menjadi langkah awal kerja sama PPI Prancis dan KBRI Paris untuk merangkul dan bekerja sama dengan pelajar-pelajar ASEAN, sekaligus menjadi momentum komunikasi lintas budaya yang inspiratif bagi kedua belah pihak.

Rubrik ini bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement