Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Fitch Peringatkan Peringkat Utang AS Bisa Diturunkan

Rabu 16 Oct 2013 06:59 WIB

Rep: Nur Aini/ Red: Dewi Mardiani

Senat AS

Senat AS

Foto: lewandpatpolitics.wordpress.com

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Lembaga pemeringkat Fitch meninjau ulang peringkat utang AS di peringkat AAA untuk kemungkinan diturunkan setelah tenggat waktu untuk meningkatkan batas atas penerbitan surat utang semakin dekat.

Langkah tersebut dilakukan setelah Demokrat menolak rencana Parlemen dari Republik. Republik kemudian merevisi rencana mereka untuk jajak pendapat, tetapi kemudian dicabut. AS harus menaikkan batas atas penerbitan surat utang sebesar 16,7 triliun dolar AS pada Kamis besok atau akan berisiko gagal bayar utang.

"Pengumuman Fitch merefleksikan pentingnya Kongres bertindak untuk menghilangkan ancaman gagalnya ekonomi," ujar juru bicara AS bidang Treasury, dikutip BBC, edisi Selasa (15/10).

Dia berharap batas surat utang segera dinaikkan. Selama masalah keuangan di Capitol Hill pada 2011, lembaga pemeringkat Standard Poor's menurunkan peringkat utang AS dari AAA menjadi AA+.

Konflik anggaran mulai terjadi 15 hari lalu di mana partai Republik memicu penutupan sebagian layanan pemerintah karena ingin Presiden Barack Obama mencabut anggaran atau menunda kebijakan terkait kesehatan.

Partai Republik mengajukan rencana pembukaan kembali pemerintahan sampai 15 Desember dan meningkatkan batas surat utang sampai 7 Februari. Gedung Putih menolak bernegosiasi terkait undang-undang kesehatan yang telah lolos pada 2010 dan menjadi isu sentral dalam pemilihan presiden 2012.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA