Sabtu 12 Oct 2013 08:06 WIB

Jika Ibu Hamil Kena Wasir

Ibu hamil/ilustrasi
Foto: guardian.co.uk
Ibu hamil/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Wanita hamil merupakan kelompok masyarakat yang sangat berpotensi mengalami wasir. Menurut Hagni, identifikasi potensi wasir pada wanita hamil dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan secara rutin setiap bulan selama kehamilan.

''Pemeriksaan yang dilakukan adalah melihat apakah sang ibu memiliki risiko wasir seperti memiliki massa tubuh melewati 25 yang merupakan standar obesitas. Setelah itu, perlu dilihat pula apakah sang ibu memiliki riwayat konstipasi atau sulit Buang Air Besar (BAB) sebelum hamil,'' kata dr Eustachius Hagni Wardoyo dari Apotek Asianna Farma, Bekasi menjelaskan.

Jika pasien memang memiliki riwayat konstipasi, dokter akan memberikan saran agar diet tinggi serat. Dan, bila perlu pasien akan diberikan obat pelunak untuk mempermudah BAB.

Menurut Hagni, panggilan akrabnya, ibu hamil tidak perlu khawatir bila  terlanjur wasir. Agar ambeien tidak bertambah parah, mereka disarankan untuk melakukan diet tinggi serat, rutin melakukan olahraga ringan, dan selalu dalam keadaan duduk ketika BAB. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement