Selasa 08 Oct 2013 10:07 WIB

5 Cara Tepat Bicara dengan Orang Tua

Perbincangan hangat anak dan orang tua
Foto: lubbockonline.com
Perbincangan hangat anak dan orang tua

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagai anak, kita harus punya cara tersendiri untuk bicara dengan orang tua. ''Anda bisa meminta pendapat dari orang tua dan tidak harus selalu menerima apa yang mereka katakan,” ujar Kathy McCoy, MD, mantan editor di Teen Magazine.

Berikut adalah tips-tips untuk berbicara yang baik dengan orang tua seperti di lansir dari situs webmd.com.

 

1. Libatkan dalam pembicaraan ringan

Bicarakan hal-hal ringan terlebih dahulu, misalnya mengenai hewan peliharaan, nanti malam makan apa, dsb. Hal tersebut akan membantu kita terhubung dengan orang tua, sehingga bisa dilanjutkan ke pembicaraan yang lebih besar lagi.

 

2. Beri tahu apa yang ingin kamu capai

Apakah Anda memiliki masalah berat yang ingin diselesaikan? Atau sekadar didengarkan oleh orang tua? Jangan hanya diam atau bahkan berbohong kepada orang tua. Ungkapkan apa yang ingin dicapai atau lakukan, agar mereka tahu apa yang kamu butuhkan.

 

3. Bicarakan dengan salah satu orang tua terlebih dahulu

Jika takut berbicara kepada orang tua, coba bicarakan dengan salah satu dari mereka yang lebih memahami akan hal tersebut.

 

4. Pilih jalan keluar dari pertentangan

Setiap pembicaraan akan berjalan dengan baik jika tidak ada pertengkaran. Menurut McCoy, jika segala sesuatu yang dibicarakan adalah pertentangan, kamu dan orang tuamu hanya akan kelelahan. Jika  tidak mendapatkan titik tengah, coba minta pengecualian, atau dengan melakukan hal-hal yang baru.

 

5. Pilih tempat dan waktu yang tepat

Bukan ide bagus jika kamu berbicara mengenai hal-hal buruk ketika orang tuamu sedang terburu-buru menuju kantor. Berbicaralah saat orang tua sedang santai. Jika sedang marah, tunggu hingga meredam. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement