Kamis 26 Sep 2013 08:38 WIB

LP3I Cirebon Gelar Latihan Kewirausahaan

Rep: niken paramitha/ Red: Taufik Rachman
Latihan kewiraushaaan LP3I Cirebon
Latihan kewiraushaaan LP3I Cirebon

REPUBLIKA.CO.ID,CIREBON -- Sejak mencanangkan sebagai kampus penghasil wirausaha muda, LP3I terus melakukan upaya pengembangan dan pelatihan kewirausahaan bagi mahasiswanya. Salah satunya yang dilakukan LP3I Cirebon adalah menggelar "Cirebon Citypreneur.

Kegiatan yang digelar di Hotel Zamrud, Kamis (12/9) lalu ini juga menggandeng Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) dalam meningkatkan jiwa kewirausahaan. "Bimbingan teknis ini diadakan untuk mendorong para pemuda berprestasi dalam mengembangkan jiwa wirausaha. Sehingga, kelak bisa menjadi pengusaha handal," kata Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Ponijan Ruspodiharjo.

Setiap generasi muda lanjutnya mendapatkan pembinaan dan pelatihan sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya. Sehingga, pelatihan yang diberikan mampu meningkatkan profesionalisme bagi generasi muda. Yang juga nantinya akan menjadi motor penggerak bagi mereka dalam mengembangkan usaha.

Hal ini sejalan dengan UU No 40 tahun 2009 tentang kepemudaan. Yakni pemuda harus dilayani dan disiapkan, mulai dari penyadaran, pemberdayaan serta pengembangan. Dan Cirebon menurut Ponijan merupakan salah satu kota yang strategis untuk mengembangkan kewirausahaan. Cirebon juga menjadi salah satu kota yang memiliki banyak pelaku usaha, khususnya generasi muda.

Sejalan dengan Ponijan, Pimpinan Cabang LP3I Cirebon Aris Armunanto juga mengungkapkan hal yang sama. “Cirebon merupakan kota yang sangat berpotensi, dibutuhkan komitmen  yang kuat dari pemerintah agar iklim usaha bisa terbangun. Sehingga pengembangan usaha dan pertumbuhan ekonomi yang dilakukan oleh pemuda dapat terus hidup dan bergelora," kata Aris.

Aris berharap, pemerintah daerah bisa saling bekerja sama dengan lembaga pendidikan dan pengusaha muda.  “LP3I Cirebon telah memiliki program rumah entrepreneur. Yakni  wadah untuk mengembangkan entrepreneur muda untuk mengembangkan kewirausahaan khususnya di kalangan mahasiswa. Usaha ini diharapkan mampu membangkitkan perekonomian," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement