Selasa 24 Sep 2013 16:35 WIB

CUV, Mobil Konsep Sporty Daihatsu

Rep: Agung Sasongko/ Red: Mansyur Faqih
 Mobil konsep cross-over CUV Concept Daihatsu. (Republika/Aditya Pradana Putra)
Mobil konsep cross-over CUV Concept Daihatsu. (Republika/Aditya Pradana Putra)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seperti penyelenggaraan Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) tahun sebelumnya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merilis mobil konse. Ada lima mobil konsep yang diperkenalkan Daihatsu pada ajang IIMS 2013.

Yaitu, Compact Utility Vehicle (CuV), DR Estate, UFC 2, NC-Y dan NC-Z. Masing-masing mobil itu merupakan pengembangan dari platform Ayla. Khusus CUV, Daihatsu membidiknya guna mengisi segmen antara 1.300-1.500 cc. 

"CUV ini akan mengisi segmen di atas Ayla dan Terios," kata Head Development Project Team Daithatsu, Satriyo Budiotomo kepada ROL, Selasa (24/9).

Dari sisi tampilan, CUV ini selintas mirip Nissan Juke. Bedanya, mungkin lebih besar dan sporty. Mobil ini diklaim Daihatsu cocok dengan segala situasi dan kondisi. "Ketika kita membuat mobil tentu yang jadi pertimbangan adalah bagaimana karakteristik jalanan Indonesia," kata dia.

Untuk interiornya, CUV mengedepankan konsep modern dengan in dash computer yang dapat menyajikan kondisi kendaraan dan rute yang dilalui. Lalu ada fitur kamera yang berfungsi sebagai pengganti spion belakang.

Yang menonjol, adalah tampilan pintu, baik depan mau pun belakang. Pintu belakang bisa dibuka atas dan bawah. Ini dimaksudkan guna mempermudah pengambilan barang. Lalu, pintu kiri-kanan tanpa pilar B sehingga mempermudah konsumen masuk ke dalam.

Bicara eksterior, kesan sporty diperlihatkan pada lekuk body dan lampu depan. Soal lampu, CUV menggunakan LED guna memperkuat kesan modernnya. Selebihnya, tampilan CUV memang selintas mirip Juke.

Bagaimana soal harga, Satriyo mengaku harga yang dibanderol untuk CUV diperkirakan di atas Ayla dan di bawah Terios. "Untuk pastinya, tunggu saja," kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement