Kamis 19 Sep 2013 14:43 WIB

LMPV Mobilio, Cara Honda Dekati Konsumen Indonesia

Rep: Agung Sasongko/ Red: Yudha Manggala P Putra
MPV Honda Mobilio
Foto: Republika/Amin Madani
MPV Honda Mobilio

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Era mobil murah dan ramah lingkungan menginspirasi setiap pabrikan untuk berinovasi. Selain bertujuan menjangkau lebih dalam konsumen, setiap pabrikan tentu ingin menawarkan hal baru yang intinya menambah nilai pada pengalaman berkendara.

Inilah yang ingin coba ditawarkan Honda lewat konsep Low Multiple Purpose Vehicle (LMPV). Konsep yang ditawarkan Honda ini selanjutnya diimplementasikan pada Honda Mobilio.

Tidak sembarang, Honda merilis produk ini, yang secara resmi diperlihatkan kepada publik pada gelaran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2013 di Jakarta Internasional Expo, Kemayoran, Kamis (19/9).

Sebelum merilisnya, Honda mengawalinya dengan studi yang mencakup kebutuhan, kebiasaan serta apa yang diharapkan dari sebuah mobil dalam memenuhi segala aktivitasnya sehari-hari. Fakta tambahan, Honda menangkap pesan bahwa segmen ini mempunya presentase paling besar.

"Saya percaya, Honda Mobilio dirancang secara khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia," komentar CEO and Representative Director Honda Motor.co, Takanobu Ito.

Menurut Ito, segmen LMPV merupakan pangsa pasar terbesar di Indonesia dengan market share 32 persen di tahun 2013. Segmen ini dipilih lantaran memiliki kapasitas cukup banyak, harga terjangkau dan tampilan tidak murahan.

Karena itu, desain utama Mobilio lebih mengedepankan kabin lapang, pengaturan fleksibel, fun drive dan efesiensi bahan bakar. Itu tidak mengurangi kecantikan eksterior dan interiornya. Sebagai contoh saja, tampilan eksteriornya menggabungkan tampilan dinamis, bumper, front grille, pintu, lampu depan, pilar belakang, fender belakang, tail gate spoiler.

Soal interior, Mobilo menawarkan konsep Prime Comfort dengan man Maximum dan Machine Minimum. Soal urang kabin, jarak antara kepala dan roof lining diklaim nyaman plus legroom yang lega. Ketika dilihat dari luar mungkin terlihat kecil, maklum saja dimensi panjang hanya 4.390 mm, lebar 1.680 mm, tinggi 1.610 mm dan wheel base 2.650 mm.

Bicara keselamatan, Mobilio dibekali rangka bodi, G-CON (G-Force Control Technology,  Struktur bodi ACE dan sistem pengereman ABS dan opsi EBD. Ini belum termasuk, dual front SRS Airbags, dan pedestrian protection.

Soal mesin, Mobiilo dibekali mesin Honda I-VTEC SHOC 1.5 liter, 16 Valve, 4 silinder dengan torsi maksimum 118 PS putaran mesin 6.600. Ini yang diklaim kendaraan efisien konsumsi bahan bakar.

Pada ajang IIMS 2013 ini, konsumen sudah dapat melakukan pemesanan terhadap Honda Mobilio. Kisaran harga yang ditawarkan yakni 150-180 juta. Nantinya, usai ajang IIMS, Honda bakal "blusukan" ke kota-kota besar di Indonesia guna memperkenalkan konsep ini kepada konsumen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement