Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Berminat Jadi Pilot? Coba Jalur Ini

Sabtu 14 Sep 2013 05:16 WIB

Red: Endah Hapsari

Pilot saat bertugas (ilustrasi).

Pilot saat bertugas (ilustrasi).

Foto: Wordpress.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Maskapai penerbangan Merpati Nusantara mengharapkan "Merpati Pilot School" dapat mengisi kekosongan tenaga pilot yang saat ini dinilai sangat dibutuhkan oleh dunia penerbangan di Indonesia. "Kekosongan tenaga pilot yang terdidik dan terlatih di Indonesia dapat diisi oleh lulusan sekolah Pilot Merpati sehingga negara dapat menghemat devisa," kata Vice President Corporate Secretary Merpati Riswanto CP.

Menurut Riswanto, Merpati dengan menghasilkan lulusan penerbang tersebut juga ikut andil dalam mengurangi jumlah pengangguran dan meningkatkan kualitas SDM. Apalagi, ia berpendapat bahwa kualitas lulusan sekolah pilot Merpati juga dinilai tidak kalah dengan lulusan sekolah pilot lainnya yang berasal dari luar negeri.

Ia juga mengemukakan Merpati akan merayakan ulang tahun ke-51 pada bulan September 2013 dan salah satu acara yang akan digelar berkaitan dengan itu, Sabtu 14/9), adalah acara wisuda pilot Merpati yang telah menyelesaikan pendidikannya di Sekolah Pilot Merpati atau Merpati Pilot School Surabaya. "Merpati ulang tahunnya jatuh pada tanggal 6 September. Kami pada minggu lalu sudah merayakan ulang tahun secara sederhana. Hari Sabtu (14/9) kami merayakan lebih meriah lagi namun tetap dalam koridor sederhana," katanya.

Riswanto memaparkan, para wisudawan yang berjumlah 10 orang itu berasal dari beberapa daerah di seluruh Indonesia. Selain bekerja di Merpati sebagai co-pilot, sebagian wisudawan lain juga sudah diminta maskapai penerbangan lainnya di Indonesia.

Ia menyadari bahwa Indonesia saat ini masih sangat kekurangan pilot yang akan menerbangkan berbagai jenis pesawat dari berbagai perusahaan penerbangan komersial di Indonesia. "Wisudawan Merpati Pilot School juga sebagian akan bekerja di perusahaan penerbangan lainnya di Indonesia. Sebagian lagi di Merpati," katanya.

Menurut dia, Merpati bersyukur dapat memberikan sumbangsih kepada bangsa dan negara Republik Indonesia selain di bidang jasa pelayanan penerbangan komersial juga di bidang pengembangan sumber daya manusia. "Saat bisnis penerbangan di Indonesia sedang booming dan menunjukkan prestasi yang sangat baik, Merpati melalui sekolah pilotnya dapat mengisi kekosongan pilotnya," kata Riswanto.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA