Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Disdik Bogor Larang Siswa Bawa Motor ke Sekolah

Kamis 12 Sep 2013 19:48 WIB

Red: Taufik Rachman

Parkir motor liar

Parkir motor liar

Foto: Tahta/Republika

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR--Dinas Pendidikan Kota Bogor, Jawa Barat, mengeluarkan larangan siswa sekolah membawa kendaraan pribadi saat di sekolah, sehubungan dengan kecelakaan mobil yang menimpa anak di bawah umur.

"Kami telah mengirim surat kepada seluruh kepala sekolah, baik SMP maupun SMA dan SMK negeri dan swasta, mengenai instruksi larangan membawa kendaraan pribadi saat ke sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Fetty Qondrasyah di Bogor, Kamis.

Ia mengatakan larangan tersebut diterbitkannya mengacu pada Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang menjelaskan ketentuan diperbolehkan berkendaraan bagi anak umur 17 tahun.

Selain itu, kata Fetty, pihaknya juga meminta peran serta seluruh sekolah untuk mengawasi aktivitas siswanya agar tidak menggunakan kendaraan saat beraktivitas di sekolah.

"Ketentuan hukum tentan izin mengemudi sudah jelas yakni SIM A diberikan kepada yang sudah berusia 17 tahun ke atas, dan SIM C bagi yang sudah berusia 16 tahun ke atas," katanya.

Menurut Fetty, pihak sekolah juga perlu mensosialisasikan hal tersebut kepada para orang tua agar tidak membiarkan anaknya mengendarai kendaraan sendiri untuk beraktivitas di luar rumah tanpa pendampingan.

Sementara itu, di tempat terpisah, Kapolres Bahtiar Ujang Purnama mengatakan pihaknya terus mengintensifkan upaya pencegahan terjadinya kecelakaan yang melibatkan anak di bawah umur dengan menggela razia terhadap pengendara berstatus pelajar.

"Razia kami lakukan sebagai salah satu upaya mencegah dan meminimalisir peristiwa kecelakaan yang melibatkan siswa atau anak-anak di bawah umum," kata Kapolres.Kapolres menyebutkan razia tersebut dilakukan di seluruh wilayah hukum Polres Bogor Kota secara berkelanjutan.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA