Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

PLN Siap Dukung Industrialisasi di Papua

Jumat 06 Sep 2013 20:01 WIB

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

 Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri  pengadaan  penampungan air bersih di kampung Timika, Kabupaten Mimika-Papua.

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri pengadaan penampungan air bersih di kampung Timika, Kabupaten Mimika-Papua.

Foto: Antara/Husyen Abdillah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT PLN menyatakan sudah siap menyediakan tenaga listrik besar-besaran untuk mendukung industri di Papua. Dirut PLN Nur Pamudji menyatakan rencana pembangunan industri di Papua sudah lama dibicarakan di Kementerian BUMN.

PLN bertugas untuk membangun beberapa pembangkit listrik di Papua dan Papua Barat. Bahkan, PLN mendapat tugas membangun PLTA di jantungnya Papua. “Secara teknis, proyek pembangunan di Papua bisa dibilang gampang, namun yang jauh lebih sulit adalah penanganan masalah sosialnya. Jika masalah sosial sudah teratasi, saya yakin pembangunan proyek ini berjalan lancar,” ujar Nur usai penandatangan kerja sama dengan Perhutani di Jakarta, Jumat (6/9) siang.

Dalam kerja sama itu PLN akan memasok listrik untuk pabrik pengolahan sagu yang akan didirikan Perhutani di daerah Sorong.

Untuk memberi daya kepada pabrik sagu ini, PLN memperkenalkan teknologi baru, yaitu pembangkit listrik biomassa. Teknologi ini lebih sederhana karena pembangkitnya hanya berukuran 1-2 megawatt.

 Bahan bakar untuk pembangkit ini bisa dari serat pohon sagu, kayu, atau bisa dari batubara dan gasifikasi batubara. Selain untuk pabrik sagu, listrik yang dihasilkan akan dialirkan juga untuk masyarakat sekitar.

Nur juga mengatakan, “biasanya untuk proyek renewable yang skala kecil seperti ini kita serahkan ke pihak lain dan PLN konsentrasi pada proyek-proyek besar

Sementara Dirut Perum Perhutani, Bambang Sukmananto menekankan tentangan membangun sebuah proyek di Papua ternyata tidak mudah. Masalah sosialnya luar biasa. "Namun, saya bersyukur, permasalahan Papua sudah diatasi dengan pembinaan semua suku," kata dia.

Menurutnya, kerja sama dengan PLN di Papua merupakan pelopor pembangunan industri hasil pertanian di Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA