Kamis 05 Sep 2013 13:06 WIB

Jelang Final Dunia, Tim Basket 3x3 Jakarta Uji Coba Ke Rusia

Rep: Israr Itah/ Red: Fernan Rahadi
Basket NBA
Basket NBA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keberhasilan tim basket 3x3 Jakarta menjuarai FIBA 3x3 World Tour Tokyo Master 2013 di Tokyo membuat nama Indonesia mulai disegani di basket tiga lawan tiga. Buktinya, PP kemudian mendapatkan undangan untuk mengikuti kejuraan 3x3 Pacific Open 2013 di Vladivostok, Rusia, pada 7 September ini.

Perbasi memanfaatkan ini dengan mengirimkan tim Jakarta yang menjadi juara di Tokyo. Pacific Open akan menjadi ajang uji coba tim asuhan Anthony Gunawan sebelum berlaga di final  FIBA 3x3 Wolrd Tour Master di Istanbul, Turki pada 4-5 Oktober mendatang.

Tim 3x3 Jakarta yang berangkat ke Rusia mengalami perubahan komposisi pemain. Wijaya Saputra dari CLS Knight Surabaya tak lagi mendampingi Fandi Andika Ramadhani, Rizky Effendy, dan Vinton Noland Surawi. CLS tak melepas Wijaya karena tengah bersiap tampil di kompetisi NBL Indonesia.

Posisi Wijaya digantikan oleh Papin Robertus Nadapdap dari Universitas Pelita Harapan (UPH), “Papin pemain yang lengkap, full power, dan sangat kuat dari segi defense dan ofense. Dia juga sudah cukup lama bermain basket 3 lawan 3. Kami rasa Papin akan sanggup menggantikan peran Wijaya di Vladivostok nanti”, ujar coach Anthony.

Tim Jakarta tak memasang target muluk-muluk di Vladivostok. Mereka hanya ingin mengasah kemampuan menghadapi lawan dengan postur menjulang di Turki nanti. Kebetulan lawan-lawan di Vladivostok diperkuat pemain-pemain berpostur tinggi. Salah satunya tim Rusia yang juga akan bermain di Istanbul.

"Bertemu lawan yang kuat dan berpengalaman tentunya akan sangat baik untuk persiapan kami menuju Istanbul. Karena semua tim di Istanbul nanti adalah tim-tim terbaik dari seluruh seri dunia World Tour 2013 ini,” kata Fandi Andika Ramadhani Kapten tim Jakarta.

Sekjen Perbasi Agus Mauro menyatakan sejumlah tim kuat telah memastikan hadir di Istanbul. Salah satunya tim NBA Development League. "Sudah pasti ada pemain NBA yang tampil," kata Agus.

PP Perbasi saat ini mengikuti FIBA, membangkan basket 3x3. Sebab basket 3x3 dalam waktu dekat akan dipertandingkan di Olimpiade, ASEAN Games, dan SEA Games. Perbasi menargetkan 14 ribu pecinta basket di Indonesia dari berbagai kalangan bermain 3x3 pada 2014."Peluang kita lebih besar di 3x3 ketimbang basket konvensional," ujar Agus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement