Jumat 30 Aug 2013 16:31 WIB

Ikut Jelajah Perkampungan Budaya Betawi, Yuk...

Setu Babakan
Foto: lembagakebudayaanbetawi.com
Setu Babakan

Setelah liburan Lebaran, komunitas pencinta seni, peninggalan-peninggalan sejarah dan warisan budaya bangsa melalui tindakan nyata, Love Our Heritage (LOH) kembali mengajak sahabat-sahabat LOH untuk mengenal lebih dekat Kota Jakarta. Tepatnya, pada hari Sabtu tanggal 31 Agustus 2013, LOH akan mengadakan lagi kegiatan jalan-jalan budaya menjelajahi Kota Jakarta tercinta.

Walking tour kali ini kita akan bersenang-senang mengunjungi Perkampungan Budaya Betawi yang terletak di kawasan Jakarta Selatan. Perkampungan Budaya Betawi adalah suatu kawasan di Jakarta Selatan dengan komunitas yang ditumbuh kembangkan budaya yang meliputi seluruh hasil gagasan dan karya, baik fisik maupun non fisik, yaitu kesenian, adat istiadat, folklore, sastra, kuliner, pakaian serta arsitektur yang bercirikan ke-Betawian.Kawasan Perkampungan Budaya Betawi terletak di Kelurahan Srengseng Sawah

Kecamatan Jagakarsa Kota Administratif Jakarta Selatan, dengan luas sekitar 289 hektar. Batas fisik sebelah Utara yaitu Jalan Mochamad Kahfi II sampai dengan Jalan Desa Putra (jalan H. Pangkat). Batas sebelah Timurnya yakni Jalan Desa Putra (Jalan H. Pangkat), Jalan Pratama (Mangga Bolong Timur) dan Jalan Lapangan Merah. Batas sebelah Selatan yaitu batas wilayah Provinsi DKI Jakarta dengan Kota Depok. Sementara sebelah Baratnya ada Jalan Mochamad Kahfi II.

Di dalam kawasan seluas itu, dapat dijumpai aktivitas keseharian masyarakat Betawi seperti: latihan pukul (pencak silat), ngaderes, aqiqah, injek tanah, ngarak penganten sunat, memancing, menjala, budi daya ikan air tawar, bertani, bahkan berdagang. Tak ketinggalan, ada juga kegiatan memasak makanan khas Betawi, seperti: sayur asem, sayur lodeh, soto mie, soto babat, ikan pecak, bir pletok, jus belimbing, kerak telor, laksa, toge goreng, dodol, tape uli, geplak, wajik, dan masih banyak lagi.

Perkampungan Budaya Betawi sebagai pilihan para wisatawan lokal maupun mancanegara, memiliki potensi dan daya tarik yang luar biasa. Hanya di Perkampungan Budaya Betawi para wisatawan dapat menikmati tiga obyek wisata sekaligus, yaitu: wisata budaya, wisata air di Setu Babakan serta Setu Mangga Bolong dan wisata agro dengan aneka pohon-pohon buah khas Betawi seperti kecapi, belimbing, rambutan, sawo, melinjo, papaya, pisang, jambu, nangka, serta namnam yang tumbuh sehat membumi di kawasan perkampungan ini.

Yuk kita bergabung dalam tur istimewa ini. Jadilah pelaku pengawal Perkampungan Budaya Betawi, dengan cara menyebarkan kecintaan terhadap seni, peninggalan-peninggalan sejarah dan warisan budaya bangsa melalui tindakan nyata, dimulai dari lingkungan terdekat kita.

"Jelajah Perkampungan Budaya Betawi: Setu Babakan 2013"

Hari/ Tanggal: Sabtu/ 31 Agustus 2013

Waktu: Pkl.07.30 - 15.00 WIB

Lokasi: Meeting point di Pintu Masuk I Bang Pitung di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan – Jl. Moch. Kahfi II Setu Babakan, Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Susunan Acara:

07.30 – 08.30: Registrasi ulang di Kantor Pengelola Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

08.30 – 09.00: Kegiatan ke-1, Membuat Kerak Telor (dalam grup)

09.00 – 09.30: Kegiatan ke-2, Membuat Bir Pletok (dalam group)

09.30 – 10.00: Kegiatan ke-3, Membuat Ondel-ondel Mini (dalam group)

10.00 – 11.30: Berkeliling Setu Babakan, Sejarah dan folklore, wisata agro dan mengunjungi Masjid Raya Baitul Ma’mur

11.30 – 13.00: Permainan tradisional oleh peserta dalam grup, seperti Gobak Sodor (Galasin), Nyanyi lagu tradisional Betawi, Ular Naga.

13.00 – selesai: Makan siang dan kuis berhadiah

*) Acara dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi lapangan

Untuk info lebih lanjut dan konfirmasi keikutsertaan para sahabat, silakan e-mail ke [email protected] atau kirimkan sms ke 0815 0551 0698 (Amelia Devina). Kami perlu mencatat kehadiran para sahabat karena akan ada konsumsi yang disediakan.

Diharapkan kehadirannya, ya. Terima kasih dan sampai jumpa.

Rubrik ini bekerja sama dengan Komunitas Love Our Heritage.

www.loveourheritage.org

@loveourheritage

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement