Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Jokowi Dilaporkan ke Polisi

Selasa 27 Aug 2013 13:20 WIB

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: A.Syalaby Ichsan

Jokowi memperlihatkan gambar Kampung Deret

Jokowi memperlihatkan gambar Kampung Deret

Foto: ahok.org

REPUBLIKA.CO.ID, SEMANGGI -- Perwakilan warga Waduk Pluit, Jakarta, tepatnya di Kampung Muara Baru, RT 17/19, Jakarta Utara, melaporkan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, ke Mapolda Metro Jaya, Selasa (27/8). 

Mereka didampingi oleh Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) dan PBHI  ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya. Warga melaporkan tindakan penggusuran yang dilakukan oleh Satpol PP terhadap rumah-rumah di sekitar Waduk Pluit beberapa waktu lalu.

Kadiv Advokasi Persatuan Hukum Indonesia Jakarta (PBHI), Simon F Tambunan, mengatakan penggusuran tersebut tanpa ada surat pemberitahuan dan sosialisasi. Apalagi, sudah ada janji bahwa penggusuran setelah berdirinya rumah susun.

Selain itu, warga juga menuntut agar pihak kepoisian memidanakan anggota Satpol PP yang melakukan kekerasan terhadap warga. ''Mereka mengaku dianiaya dan barang-barangnya dirusak,'' kata Simon, Selasa (27/8).

Seperti diketahui, penggusuran yang dilakukan pihak pemerintah merupakan program dari normalisasi Waduk Pluit. Saat penggusuran yang dilakukan pada (22/8) lalu, sedikitnya 30 kepala keluarga harus merelakan keluarganya tergusur. ''Kita di sini meminta penegakan hukum,'' kata Simon.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA