Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Upacara 'Joko Kaha' Sambut Fasli Jalal

Selasa 27 Aug 2013 11:03 WIB

Rep: Andi Nur Aminah/ Red: Hazliansyah

Kepala BKKBN Fasli Jalal

Kepala BKKBN Fasli Jalal

Foto: Prayogi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Fasli Jalal, disambut dengan upacara Joko Kaha saat menginjakkan kaki di Bandara Sultan Baabullah, Ternate, Selasa (27/8). 

Fasli tiba menggunakan penerbangan perdana dari Makassar, dan tiba di Bandara sekitar pukul 08.45 WIT. Dalam upacara tersebut, Fasli harus mencopot sepatu dan kaos kaki yang dikenakannya, kemudian kakinya diletakkan di atas beberapa helai rumput yang tumbuh di tanah Ternate.

Upacara Joko Kaha, dilakukan oleh empat  orang remaja putri berbaju adat warna merah muda. Sebelumnya mereka mengalungkan bunga kemudian mempersilakan Fasli duduk di atas kursi. Saat duduk, Fasli lalu membuka sepatu dan kaos kaki kanannya. Saat itulah rumput yang dibawa salah satu remaja putri diijak oleh Fasli.

Setelah menginjak tanah, kaki Fasli lalu dicuci dan kemudian baru bisa mengenakan kembali sepatunya.

Upacara ini berlangsung tak lebih dari lima menit. Setelah menginjak rumput, Fasli juga mendapat hamburan beras warna warni. Selain Joko Kaha, kedatangan Fasli dan rombongan juga disambut tari 'Soya-Soya'.

Menurut Dahlia, pembina tari para remaja tersebut, Joko Kaha adalah upacara khusus buat tamu yang pertama kali datang ke Ternate. ''Sebelum mereka memasuki Ternate dan berkeliling, harus menginjak tanah pertamakali dulu. Itu sebagai penghormatan kepada tamu yang baru pertama datang kesini,'' ujar Dahlia.

Jika sudah pernah datang sebelumnya, upacara Joko Kaha tidak perlu dilakukan lagi. ''Ini adat untuk pejabat atau tamu-tamu kehormatan yang baru pertama kali ke Ternate,'' ujar Dahlia.

Sejumlah kegiatan dalam rangkaian kunjungan kerja Kepala BKKBN di Maluku Utara, mulai dilaksanakan hari ini. Hari ini, Fasli dijadwalkan akan ke Pulau Tidore, untuk mengunjungi Pusat Informasi Konsultasi (PIK)  Remaja Fomakuwaje, di Kelurahan Dukiri, dan mengunjungi tempat pelayanan KB di Kelurahan Dokiri, Pulau Tidore.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA