Tuesday, 8 Ramadhan 1442 / 20 April 2021

Tuesday, 8 Ramadhan 1442 / 20 April 2021

Bantah Foke, Jokowi: Jakarta Tidak Akan Bangkrut

Selasa 27 Aug 2013 04:32 WIB

Red: Endah Hapsari

Jokowi

Jokowi

Foto: Republika/Agung Supri

REPUBLIKA.CO.ID, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) menjawab kritikan yang disampaikan mantan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo yang menyebutkan, Jakarta akan bangkrut karena tidak sanggup melayani warga Jakarta yang terus melonjak akibat arus urbanisasi yang tidak terbendung. 

Jokowi berpendapat kebangkrutan itu tidak akan pernah terjadi. Karena secara finansial pertumbuhan ekonomi di Jakarta cukup baik, bahkan melebihi rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional. "Kita ini bukan seperti Kota Detroit di Amerika Serikat yang bangkrut. Income kita besar, pertumbuhan ekonomi kita juga baik, bahkan melebihi nasional," kata Jokowi, di Balaikota, seperti dilansir situs beritajakarta.

Jokowi menilai Jakarta berbeda dengan Kota Detroit di Amerika Serikat pernah jaya berkat industri otomotifnya. Namun, karena perencanaan yang buruk, jumlah penduduk yang membludak, anjloknya pendapatan pajak, korupsi, serta salah kelola keuangan kota itu mengalami kebangkrutan.

Salah satu langkah yang diambil untuk mengatasi urbanisasi, kata Jokowi, pihaknya akan bekerjasama dengan pemerintah pusat. Bentuk kerjasama seperti memperbaiki pelayanan perizinan, yang akan berperngaruh pada dunia usaha dan kondisi ekonomi di Jakarta. "Apalagi nanti pelayanan perizinan kita perbaiki dan dipersepsikan positif bagi dunia usaha saya kira akan menjadi lebih baik," ungkapnya. 

Sebelumnya, mantan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo memberikan masukan kepada Pemprov DKI agar segera menentukan langkah strategis untuk membendung arus urbanisasi ke ibu kota. Sebab apabila masalah urbanisasi itu tidak cepat diatasi maka dikhawatirkan Jakarta akan bangkrut secara finansial.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA