Sabtu 24 Aug 2013 17:00 WIB

Seluruh Sekolah Swasta Batam Terapkan Kurikulum Baru Tahun 2014

Kurikulum 2013
Kurikulum 2013

REPUBLIKA.CO.ID,BATAM--Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Muslim Bidin mengatakan seluruh sekolah swasta di Batam Kepulauan Riau akan menerapkan kurikulum baru pada tahun ajaran 2014-2015.

Ia mengatakan tidak semua sekolah swasta bisa menerapkan kurikulum baru pada tahun ini karena berbagai keterbatasan. Sedangkan untuk sekolah negeri, seluruh sekolah sudah melaksanakannya.

"Karena sekolah swasta tidak bisa disubsidi pemerintah, mereka harus mengupayakan sendiri untuk menerapkan kurikulum baru. Tapi menurut saya, untuk Batam tidak akan terlalu lama, tahun depan semua sekolah swasta bisa menerapkannya," kata Muslim, di Batam, Sabtu.

Saat ini, kata dia, baru ada beberapa sekolah swasta yang menerapkan kurikulum baru. Dan satu yang secara resmi melaporkan ke Dinas Pendidikan, yaitu Al Azhar. "Baru satu yang melaporkan ke dinas sudah melaksanakan, tapi ada beberapa lain yang juga sudah menerapkan tapi belum lapor," kata Muslim.

Sementara itu, seluruh sekolah negeri dari SD hingga SMA sederajat di Kota Batam menerapkan kurikulum baru pada tahun ajar 2013-2014.

Muslim mengatakan pelatihan kepada guru dan kepala sekolah sudah dilaksanakan dengan pemateri dari Jakarta. Muslim yakin, pembekalan yang diberikan itu mampu menyukseskan pelaksanaan kurikulum 2013.

Selain itu, pengadaan buku pendamping untuk guru juga sudah siap dibagikan, kata dia, sebagai bekal guru dalam memberikan materi. "Semua mata pelajaran sudah siap," kata dia.

Sedangkan buku untuk siswa, akan dibagikan menyusul. Menurut dia, ketiadaan buku untuk siswa tidak akan menghambat pelaksanaan kurikulum baru, karena antara kurikulum lama dan baru tidak ada banyak perbedaan.

Disdik mengajukan anggaran Rp7 miliar untuk biaya sosialisasi, pelatihan guru dan pengadaan buku untuk guru dan siswa terkait penerapan kurikulum baru itu.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement