Rabu 21 Aug 2013 15:09 WIB

Supaya Tidak Kecewa Saat Belanja Online

Rep: Meiliani Fauziah / Red: Endah Hapsari
Belanja online/ilustrasi
Foto: clickbuydone.com
Belanja online/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Berbelanja barang dari toko virtual sudah tidak asing lagi. Belanja online telah menjadi bagian dari gaya hidup perempuan modern. Ada kalanya, saat tiba, barang yang dibeli tidak sesuai ekspektasi. Kesempitan, kebesaran, atau warna baju yang tidak sama seperti di layar komputer cuma sebagian dari kemungkinan buruk belanja online. Busana yang di layar komputer terlihat indah dikenakan model pun jadi sia-sia di tangan pembeli karena tidak bisa memakainya. 

Direktur Pelaksana Zalora Hadi Wenas mengatakan, toko online umumnya menjual busana dalam ukuran standar, yaitu small, medium, large, dan extra large. “Risiko salah ukuran seringnya terjadi pada konsumen yang pertama kali belanja online,” paparnya. 

Agar tidak kecewa, pembeli sebaiknya melakukan klarifikasi ulang ke toko yang bersangkutan. Sebelum memesan, pembeli bisa menelepon atau mengirim surat elektronik. Toko online yang berkualitas umumnya menyediakan sistem interaksi bagi pembeli dan penjual. 

Minta perbandingan ukuran dengan menggunakan produk lain. Misalnya, baju A ukurannya sama dengan baju merek B. Hal lain yang harus ditanyakan adalah bahan dasar produknya. Bahan tertentu, seperti sheer dan sifon kadang tidak terlihat dengan jelas di layar monitor. 

Cara yang sama juga bisa diterapkan jika pembelian dilakukan melalui sosial media, seperti kaskus, twitter, dan facebook. Jangan pernah ragu untuk bertanya tentang produk incaran. “Kalau tidak ada tanggapan, sebaiknya cari toko lain,” tambah Wenas. 

Keluhan lain yang sering diterima adalah soal warna. Biasanya, barang yang terpampang di toko online warnanya tidak 100 persen sama dengan aslinya. Apalagi, banyak toko online yang menampilkan foto dengan resolusi warna kurang tajam. Tuntaskan keraguan dengan bertanya pada pihak toko, kira-kira berapa persentase perbedaan warna barang di toko online dengan warna asli. Upaya lain meminimalisasi kekecewaan adalah dengan berbelanja di toko yang tepercaya. Toko yang berjualan dengan iktikad baik umumnya memiliki kebijakan pengembalian atau penukaran barang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement