Senin 19 Aug 2013 08:15 WIB
Liga Inggris

Manchester City vs Newcastle United, Laga Beda Kelas

Manuel Pellegrini
Foto: guardian.co.uk
Manuel Pellegrini

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER - Manuel Pellegrini akan memulai debutnya sebagai manajer Manchester City saat timnya menjamu Newcastle United di markas mereka sendiri, Stadion Etihad, Selasa (20/8). Ini tentunya akan menjadi ajang pembuktian sekaligus ujian berat baginya.

Pellegrini harus bisa membuktikan buah dari gelontoran dana senilai 100 juta poundsterling pada bursa transfer musim ini. Skuat mahal City sendiri sebelumnya sempat diragukan akan tampil ciamik musim sekarang. Hal ini merujuk pada hasil pertandingan terakhir City kontra Arsenal pada 11 Agustus 2013.

Pada pertandingan persahabatan yang dihelat di Stadion Olimpiade, Helsinki, Sabtu (11/8) itu, City harus menelan kekalahan 1-3. Namun begitu, Pellegrini tak ingin dibuat pusing dengan keraguan dan kritikan tersebut. Ia tetap optimistis dapat melakoni musim perdananya bersama City dengan raihan prestasi gemilang. “Saya memiliki kepercayaan diri. Kami tahu kami memiliki skuat yang kuat, tim lain lain juga memiliki skuat yang kuat. Tapi, saya yakin kami akan memiliki musim yang sangat sukses,” katanya seperti dikutip AFP.

Keyakinan itu juga terpatri saat dirinya akan melakoni laga perdana City kontra Newcastle United. Ia yakin timnya dalam kondisi baik menjelang laga perdana si Biru di pentas Liga Premier Inggris. Ia juga optimistis timnya mampu meraih kemenangan pada laga perdana tersebut.

Pellegrini menyebut timnya telah bekerja selama hampir 40 hari dan telah mengenal satu sama lain.Optimisme Pellegrini untuk tampil gemilang dan meraih kemenangan pada laga perdana bukanlah tanpa alasan. Jika menilik statistik pertandingan, City jelas diunggulkan. The Magpies belum pernah mengalahkan City sejak 2005 dan dua kali mengalami kekalahan musim lalu. Dalam catatan rekor tandang musim lalu, Newcastle hanya memenangkan dua laga tandang.

Sementara itu, City memiliki rekor kandang terbaik kedua pada musim lalu dengan mencatatkan 14 kemenangan. Menghadapi Newcastle, City sendiri tidak terlalu dipusingkan dengan cedera pemain. Seperti dikutip the Telegraph, tercatat hanya bek Matija Nastasic yang tidak dapat tampil karena cedera ankle.

Ia diperkirakan baru bisa pulih sepekan mendatang. Striker andalan mereka, Sergio Aguero, dipastikan dapat dipasang pada laga pembuka karena telah sembuh dari cedera lututnya. City juga bisa memanfaatkan kemampuan pemain baru mereka, seperti Fernandinho, Jesus Navas, Alvaro Negredo, dan Stevan Jovetic. Sementara, pada jajaran kiper, Pellegrini akan tetap mempercayakan jabatan itu pada Joe Hart meski dia sempat tampil buruk saat membela Inggris pada partai persahabatan beberapa waktu lalu.

Newcastle bukanlah tim yang bisa diremehkan. Meski hanya finis pada posisi keenam belas musim lalu, tak lantas mematikan semangat anak asuhan Alan Pardew. Bek Newcastle, Steven Taylor, siap memberikan kejutan pada laga perdana Newcastle United kontra Manchester City.  “Pertandingan perdana kami melawan City, mudah-mudahan kami bisa menangkap kelengahan mereka,” kata Taylor kepada Mirror. Manajer Alan Pardew menilai, pertandingan lawan City merupakan laga sulit dan beda kelas. Wajar bila Pardew pesimistis.

City banyak didukung beberapa pemain hebat dunia nan mahal. Dia berharap bisa mengalahkan City atau minimal mencuri poin. Menghadapi City, Newcastle dipastikan tidak akan diperkuat pemain barunya, Loic Remi, yang mengalami cedera betis dan R Taylor yang mengalami cedera lutut. n umi lailatul ahdiyah ed: m ikhsan shiddieqy

PERKIRAAN PEMAIN

Manchester City (4-3-3)

Manajer: Manuel Pellegrini

Hart Zabaleta, Kompany, Lescott, Clichy; Sila, Toure, Fernandinho; Navas, Aguero, Negredo.

Newcastle United (4-4-1-1)

Manajer: Alan PardewKrul Debuchy, Coloccini, S Taylor, Santon;Ben Arfa, Tiote, Cabaye, Gutierrez; Sissoko;Cisse

Lima pertemuan terakhir:

30/03/2013 City 4-0 Newcastle

15/12/2012 Newcastle 1-3 City

06/05/2012 Newcastle 0-2 City

19/11/2011 City 3-1 Newcastle

26/12/2010 Newcastle 1-3 City

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement