Ahad 11 Aug 2013 23:24 WIB

Greg Oden Siap Menggebrak NBA

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: M Irwan Ariefyanto
Greg Oden
Foto: EPA/Justine Lane
Greg Oden

REPUBLIKA.CO.ID,INDIANAPOLIS - Setelah tiga tahun absen dari basket, Greg Oden siap menggebrak panggung NBA. Mantan center Portland Trail Blazers ini menandatangani kontrak selama dua tahun dengan nilai 2,17 juta dolar AS (sekitar Rp 22,3 miliar) dengan klub juara bertahan NBA Miami Heat.

Oden istirahat lama karena mengalami cedera lutut dan harus menjalani tiga kali operasi mikro fraktur sejak 2009. Operasi terakhirnya dilakukan pada 12 Februaru 2012. Comeback bersama dengan klub terbaik NBA tidak pernah terlintas dalam benak center berusia 25 tahun tersebut. Namun, dia memiliki semangat tinggi dan merasa lebih fit untuk membuktikan bahwa dia tetap kompetitif walau lama absen. “Setelah tiga tahun berada di luar lapangan, saya akan melakukan apa yang saya bisa. Saya bahkan tidak terlalu khawatir dengan cedera lutut yang merenggut debut karier saya,” kata Oden dilansir AP, Ahad (11/8).

Oden tampaknya sudah mulai berkompromi dengan kondisinya sekarang. Ia tak lagi berusaha membuat gerakan-gerakan eksplosif. Ia hanya bertekad membantu LeBron James, Dwyane Wade, Chris Bosh, dan Ray Allen untuk mempertahankan gelar. Pekan lalu, Oden sudah memulai pertandingan pemanasan dalam tiga pertandingan 4 on 4. Dia cukup senang bisa merasakan kembali bermain penuh di lapangan tanpa terganggu dengan kondisi lututnya.

Dia mengatakan, kondisi lututnya sudah membaik. Dia sudah bisa melompat dan berlari. Selain itu, tubuhnya juga sudah mulai terbiasa untuk bermain lagi. “Saya hanya ingin bermain basket lagi. Ini adalah olahraga yang saya cintai dan saya akan melakukan apa pun untuk basket,” ujar Oden.

Center kelahiran New York tersebut menjalani rehabilitasi di St Vincent Sports Performance, tempat dia mempersiapkan diri untuk memasuki draf NBA 2007. Pemain lain, seperti Mario Chalmers, Gordon Hayward, Alec Burks, dan Patrick Petterson juga mengambil program pelatihan pra draf NBA di tempat tersebut.

Direktur Exekutif Miami Heat Ralph Reiff mengatakan, saat ini Oden tidak lagi dalam proses rehabilitasi, tapi dia sudah sepenuhnya menjalani latihan dengan rekan-rekan satu timnya untuk menyambut musim baru NBA 2013-2014. Kondisi fisik, mental, dan emosional Oden telah dipantau dalam jangka waktu lama sebelum dia sepakat menandatangani kontrak dengan Heat. Heat mempertimbangkan dengan cermat dan mengambil risiko jika sewaktu-waktu hal buruk terjadi pada Oden

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement