Mudik Gratis Kapal Laut Angkut 3.196 Sepeda Motor

Red: Taufik Rachman

 Senin 05 Aug 2013 22:21 WIB

Sejumlah pemudik mengantre masuk KRI Banda Aceh di Pelabuhan Nusantara Pura, Tanjung Priok, Jakarta, Ahad (4/8).   (Republika/Adhi Wicaksono) Sejumlah pemudik mengantre masuk KRI Banda Aceh di Pelabuhan Nusantara Pura, Tanjung Priok, Jakarta, Ahad (4/8). (Republika/Adhi Wicaksono)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Mudik gratis untuk mengangkut pemudik bersepeda motor dengan menggunakan kapal laut, hingga Senin (5/8) telah mengangkut sebanyak 3.196 unit sepeda motor dengan 5.792 penumpang.

"Gelombang kedua pemberangkatan mudik gratis menggunakan KM Dobonsolo dilepas Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Adolf Tambunan pada pukul 16.00 WIB di Pelabuhan Tanjung Priok," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub Bambang S Ervan di Jakarta, Senin.

Ervan mengatakan gelombang kedua ini mengangkut 1.636 pemudik dan 802 unit sepeda motor.
Sebelumnya pada Sabtu (3/8) KM Dobonsolo juga diberangkatkan dengan tujuan Semarang dan mengangkut 1515 unit sepeda motor dan 2213 pemudik.

Selain menggunakan KM Dobonsolo, ujar dia, program mudik gratis Kemenhub dengan menggunakan angkutan laut juga melibatkan TNI Angkatan Laut. "KRI Banda Aceh dilibatkan untuk membawa pemudik peseda motor ke kampung halamannya masing-masing," katanya.

Ia mengatakan KRI Banda Aceh yang mengangkut 879 unit sepeda motor dan 1943 orang pemudik dengan tujuan Semarang pada Minggu (4/8) telah diberangkatkan.

Sedangkan Pemberangkatan terakhir angkutan gratis pemudik sepeda motor menggunakan kapal laut untuk arus mudik akan dilaksanakan pada Selasa (6/8) pukul 10.00 WIB menggunakan KRI Banda Aceh dengan tujuan Semarang.

Untuk pemberangkatan terakhir ini pemudik yang telah mendaftar sebanyak 444 unit sepeda motor dengan 962 penumpang.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X