Senin 05 Aug 2013 16:31 WIB

Menata Dapur Tetap Apik

Dapur bersih
Foto: sheknows.com
Dapur bersih

REPUBLIKA.CO.ID, Pantry (dapur) pastilah ada di setiap rumah. Sebagai bagian dari sebuah rumah, keberadaannya harus dijaga dan dirawat. Ini penting agar aktivitas memasak di dapur bisa dilakukan dengan baik dan juga menyenangkan. Lebih dari itu, jika pantry bisa tertata dengan apik, itu akan mempengaruhi para penghuninya. Mereka bisa lebih nyaman dan betah tinggal di rumah. Kondisi tersebut juga akan mempengaruhi suasana dalam rumah.

Perlu keberanian sekaligus sentuhan jiwa seni untuk menata pantry agar terlihat lebih cantik dan menarik. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkannya seperti dilansir dari interiorcorner.net:

 

1. Pencahayaan 

Pencahayaan dalam pantry perlu Anda perhatikan. Pencahayaan yang bisa diatur dan dipermainkan akan menambah kesan menarik pada dapur Anda.

2. Kitchen island 

Jika ruang dapur Anda memungkinkan karena cukup luas, kehadiran kitchen island bisa menambah keindahan. Kitchen island adalah sebuah elemen yang berbentuk serupa meja besar dan berada di tengah-tengah area pantry. Meja tersebut umumnya berfungsi sebagai wadah persiapan memasak. Bagian bawah kitchen island dapat dimanfaatkan sebagai wadah penyimpanan berbagai perlengkapan memasak.

Tapi, jika ruang pantry Anda sempit, jangan paksakan untuk meletakkan kitchen island ini. Sebab alih-alih menambah daya tarik pada dapur Anda, jutsru hal itu akan mengganggu aktivitas Anda di sana.

3. Desain cabinet 

Barang-barang seperti lemari, laci, rak, dan benda lainnya perlu ditata sedemikian rupa sehingga bisa menarik. Coba lakukan desain berulang-ulang sampai Anda menemukan penataan yang benar-benar pas yang menarik.

4. Desain lantai 

Untuk bahan lantai ada tiga pilihan, yakni tegel, keramik, atau lantai kayu. Anda tinggal menentukan bahan apa yang cocok dengan selera dan kemampuan keuangan Anda. Yang perlu diperhatikan, sesuaikan bahan laintai dapur ini dengan elemen-elemen yang ada di dalamnya sehingga cocok. 

5. Warna

Pemilihan warna penting ketika mendesain sebuah ruangan. Anda tidak perlu memberi warna yang meriah atau warna-warni pada pantry. Yang penting, pilih warna yang sesuai dengan komposisi elemen pantry sehingga bisa menambah suasana yang menyenangkan di dalamnya.

6. Penataan perlengkapan masak

Kita sering kali menyembunyikan peralatan memasak di laci maupun almari. Tujuannya agar dapur terlihat lebih rapi. Sebenarnya peralatan memasak pun bisa diatur penempatannya di luar almari sehingga menambah daya tarik pantry.

7. Hiasan

Aneka macam hiasan atau aksesori bisa Anda letakkan di pantry. Misalnya, vas bunga. Kehadiran berbagai macam aksesori membuat dapur terlihat lebih menarik lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement