Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Siap Liburan? Jangan Lupa Bawa Ini

Jumat 02 Aug 2013 10:09 WIB

Red: Endah Hapsari

Liburan/ilustrasi

Liburan/ilustrasi

Foto: guardian.co.uk

REPUBLIKA.CO.ID, Saat akan bepergian, ada satu perasaan yang selalu melekat, kita khawatir ada barang yang tertinggal. Meski kita sudah menghabiskan waktu berjam-jam mengepak barang, tetap saja ada saja ada sesuatu yang tertinggal. Untuk menghindari keraguan itu sebaiknya sedari awal Anda sudah membuat daftar barang yang harus dibawa. Sedapat mungkin daftar itu lengkap. 

Berikut ini contoh daftar barang yang harus dibawa: 

* Keperluan esensial: paspor, visa, mata uang asing, nomor telepon penting, kartu asuransi kesehatan, tiket kendaraan, buku petunjuk penyewaan mobil, dompet, kartu kredit, rencana perjalanan, dokumen perjalanan 

* Pakaian dan sejenisnya: baju dalam, sepatu, baju renang, blus/kemeja, jam tangan, baju tidur, baju hangat, celana, gaun, kaos kaki, payung, sabuk, scarf, topi, sarung tangan, mantel hujan. 

* Keperluan mandi: sikat gigi, pasta gigi, sisir, sampo, lotion, alat cukur, lotion anti matahari, alat manikur, lotion antinyamuk, sabun, pembersih muka, pembalut, obat-obatan. 

* Keperluan lain: atlas/peta wisata, semir sepatu, pengering rambut, setrika, sabun cuci, peralatan olah raga, kamera beserta batere cadangan, kacamata, film, permainan, walkman, buku, kunci rumah, teropong, makanan kecil, alat PPPK. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA