PAN Gelar Mudik Gratis

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Citra Listya Rini

 Selasa 30 Jul 2013 16:43 WIB

  Para pemudik tiba di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Foto: Agung Supriyanto/Republika Para pemudik tiba di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai wujud bakti kepada rakyat, Partai Amanat Nasional (PAN) menghelat mudik gratis menyambut Idul Fitri 1434 Hijriah. Mudik gratis ini dijadwalkan pada Sabtu (3/8).

Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa rencananya akan melepas secara resmi para pemudik dari parkir Hall A Basket, Senayan, Jakarta.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PAN, Laurens Bahang Dama mengatakan gelaran mudik bersama PAN sesungguhnya telah dilaksanakan sejak 2011. Dari tahun ke tahun, pemudik yang mengikuti kegiatan mudik gratis ini terus meningkat.

Pada 2011 lalu tercatat lebih 5.000 orang mendaftar, tahun lalu sebanyak 10.250 pemudik, dan pada tahun ini direncanakan lebih dari 13.559 pemudik yang diangkut PAN.

"Program ini adalah bukan bentuk pencitraan PAN. Namun, bagi PAN, kegiatan ini sebagai bentuk aksi nyata PAN milik rakyat," kata Laurens di Jakarta, Selasa (30/7).

Menurut dia, pemudik yang mengikuti program mudik bersama PAN berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Mereka bakal berangkat ke 67 kabupaten/kota yang tersebar di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Lampung, dan Sumatra Selatan.

Tujuan terbanyak adalah Jawa Tengah sebanyak 8.296 pemudik, Jawa Timur 3.245 pemudik, Yogyakarta 895 pemudik, Jawa Barat 335 pemudik, Lampung 124 pemudik, dan Sumatra Selatan tujuan Lahat dan Palembang 295 pemudik. 

Sekitar 50 persen pendaftar program mudik ini, kata dia, merupakan pemudik tetap PAN selama tiga tahun berturut-turut. "Total bus yang dikerahkan sebanyak 255 armada, dan semuanya bus eksekutif,” kata ketua Komisi V DPR ini. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X