Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Turki Lepaskan Burung Diduga Mata-Mata Israel

Senin 29 Jul 2013 00:13 WIB

Rep: Ichsan Emrald Alamsyah/ Red: Yudha Manggala P Putra

Burung mata-mata Israel. Ilustrasi.

Burung mata-mata Israel. Ilustrasi.

Foto: The Blaze

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Pemerintah Turki melepaskan seekor burung yang sebelumnya dicurigai menjadi mata-mata Israel.

Seperti dilaporkan Reuters, burung tersebut dibebaskan setelah mealui pemeriksaan sinar X, tak ditemukan alat-alat yang mampu mengawasi daerah di Turki.

Sebelumnya, masyarakat di desa Altinayva mencurigai burung tersebut karena menggunakan gelang kaki bertuliskan  '24311 Tel Avivunia Israel'.

Mereka pun menyerahkan kepada gubernur setempat.Menurut surat kabar Milliyet, burung yang masih sejenis Elang itu kemudian diperiksa dengan sinar X di rumah sakit Universitas. Burung itu dites terkait kecurigaan adanya micro chip ataupun perangkat penyadap lainnya.

Penangkapan burung tersebut sempat disoroti surat kabar setempat. Surat kabar Milliyet, misalnya, bahkan sempat menampilkan sampul halaman depan dari foto radiogram burung itu dengan judul Agen Israel.

Sejak 2010, hubungan Turki dan Israel sempat menegang akibat pembunuhan sembilan aktivis di kapal Mavi Marmara. Kapal tersebut berusaha masuk ke Jalur Gaza, namun dihentikan oleh militer Israel.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA