Senin 29 Jul 2013 10:18 WIB

3 Tips Segar untuk Perempuan Menopause

Perempuan menopause tetap segar/ilustrasi
Foto: beautyheaven.com.au
Perempuan menopause tetap segar/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Agar tetap bugar, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh wanita menopause. Berikut tips bugar dari dokter Gerry Heryati.

 

* Olahraga yang tepat

- Sebelum menjalani latihan, lakukan pemanasan. Dengan demikian tubuh akan siap secara bertahap dan cedera terhindari. Pemanasan dapat dilakukan dengan berjalan santai 5-10 menit.

- Lakukan juga peregangan setelah pemanasan, untuk menambah kelenturan. Dengan demikian, olahraga yang dilakukan akan terasa nyaman dan menyenangkan. Jangan melakukan peregangan pada otot dingin, karena bisa menimbulkan cedera.

- Selesai olahraga, lakukan pendinginan dengan berjalan santai selama lima menit dan peregangan.

 

* Takaran latihan

- Untuk pemula, lakukan latihan olahraga secara teratur tiga kali seminggu, 20-60 menit. Selanjutnya, frekuensi latihan dilakukan 4-5 kali seminggu.

- Sebaiknya berlatih hingga mencapai denyut nadi 70-80 persen dari Denyut Nadi Maksimal(DNM). Ini merupakan sasaran latihan. DNM adalah 220 dikurangi umur Anda dalam tahun.

- Agar terdapat pengaruh baik pada jantung dan peredaran darah, sebaiknya berlatih sampai sasaran latihan denyut nadi selama 20-45 menit.

 

* Kuatkan tulang

- Daerah pengeroposan tulang yang dapat dicegah sejak dini adalah lengan bawah, punggung, dan paha atas. Semua latihan yang melibatkan bagian itu akan menguatkan tulang penyangga di daerah tersebut.

- Jangan lewatkan tulang pergelangan tangan karena bagian ini juga mudah keropos. 

- Olahraga dengan pembebanan atau latihan yang memberi kesempatan tulang untuk menahan beban tubuh, baik untuk menguatkan tulang. Olahraga yang cocok adalah jalan kaki cepat, senam aerobik, joging hingga latihan beban.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement