Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

AS Jamin Keselamatan Snowden Jika Diekstradisi

Sabtu 27 Jul 2013 07:04 WIB

Red: Fernan Rahadi

Edward Snowden

Edward Snowden

Foto: AP Photo/Human Rights Watch, Tanya Lokshina

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Pemerintah Amerika Serikat (AS) memberikan jaminan resmi kepada Rusia untuk tidak mengeksekusi atau menyiksa Edward Snowden jika dia diekstradisi guna menghadapi pengadilan atas tuduhan membeberkan rahasia negara.

Sementara itu pihak Kremlin menyatakan bahwa Rusia dan sejumlah badan keamanan AS tengah membicarakan nasib mantan kontraktor intelijen AS yang telah terkatung-katung di Bandar Udara Moskow selama lebih dari sebulan itu.

Rusia sebelumnya telah menolak untuk mengekstradisi pria berusia 30 tahun yang membocorkan sejumlah program pengintaian rahasia AS lewat telepon dan data internet itu. Rusia kini tengah mempertimbangkan permohonan suaka sementara yang telah dilayangkan Snowden.

Dalam dokumen yang dirilis pada Selasa dan Jumat, Jaksa Umum AS Eric Holder menulis bahwa dia berusaha untuk mementahkan berbagai anggapan atas apa yang terjadi pada Snowden jika dia dipulangkan ke AS.

"Snowden telah mengajukan permohonan suaka sementara di Rusia atas dasar ancaman bahwa jika dia kembali ke AS maka dia akan disiksa dan menghadapi hukuman mati, yang merupakan sebuah argumen yang tidak berdasar" tulis Holder.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA