Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Buku Sejarah AS Diprotes Gara-Gara Memihak Islam

Jumat 26 Jul 2013 13:42 WIB

Rep: Nur Aini/ Red: Citra Listya Rini

Stop Islamofobia

Stop Islamofobia

Foto: wordpress.com

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Orang tua dan legislator di Amerika Serikat (AS) memprotes buku sejarah untuk anak sekolah. Buku teks sejarah tersebut dinilai terlalu memihak agama Islam.

"Buku ini sangat banyak bermanis-manis tentang kebangkitan Islam menjadi indah sebagai tatanan dunia baru, sementara agama Kristen sebagai dogmatis," kata legislator Partai Republik, Ritch Workman, seperti dikutip Huffingtonpost, Jumat (26/7).

Buku tersebut digunakan oleh siswa di seluruh sekolah menengah di County Brevard di Florida. Workman dan sejumlah orang tua siswa mengeluh ada 36 halaman yang dikhususkan untuk agama Islam.

Sementara itu, agama kristen dan Yudaisme hanya diperinci dalam tiga paragraf. Seorang juru bicara kelompok Muslim mengatakan keprihatinan Workman atas buku tersebut menciptakan ketidaktoleransian.

Sementara itu, dua anggota dewan sekolah sepakat untuk melakukan tindakan tidak resmi jika ada umpan balik negatif yang datang. Kemungkinan mereka akan melakukan pemungutan suara untuk menarik buku teks tersebut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA