Angkutan Lebaran, 1.725 Bus Didaftarkan ke Polda Metro Jaya

Rep: Wahyu Saputra/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

 Rabu 24 Jul 2013 17:41 WIB

BUS ANGKUTAN LEBARAN - Calon penumpang melintas di depan bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang menunggu penumpang di Terminal Lebak Bulus, Jakarta Foto: ANTARA FOTO BUS ANGKUTAN LEBARAN - Calon penumpang melintas di depan bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang menunggu penumpang di Terminal Lebak Bulus, Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, SEMANGGI -- Pihak Kepolisian Daerah Metro Jaya mengakui sudah ada ribuan bus dari 14 perusahaan yang siap melayani masyarakat mudik ke kampung halamannya. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto mengatakan, ribuan bus ini sudah didaftarkan di Polda Metro Jaya.

''1.725 bus dari 14 perusahaan sudah mendaftar,'' katanya, Rabu (24/7).

Data itu baru berdasar penerimaan pendaftaran sampai tanggal 19 Juli lalu dan kemungkinan ada penambahan. Perusahaan tersebut terdiri dari perusahaan swasta, BUMN serta komunitas tertentu yang memberikan fasilitas tidak hanya pada bus, namun kendaraan pribadi dan kereta api.

Rikwanto menjelaskan, sejumlah perusahaan akan memasilitasi para karyawannya dan juga masyarakat yang berhubungan dengan bisninya, seperti PT Sido Muncul yang memberika fasilitas mudik kepada para tukang jamu.

Selain itu, untuk keberangkatannya, akan dilakukan pada (1/8) sampai (5/8) di lapangan Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Senayan, serta lokasi lainnya.

Rikwanto mengatakan, mudik bareng ini baik untuk menekan jumlah kecelakaan yang biasa meningkat ketika masa arus mudik berlangsung. Terlebih sejumlah masyarakat memilih mengendarai sepeda motor untuk mudik yang menurut Rikwanto sangat rawan terjadi kecelakaan. ''Setidaknya bisa menekan angka kecelakaan,'' katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X