Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Ini Dua Kandidat Kuat Pelatih Barcelona

Senin 22 Jul 2013 20:39 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Fernan Rahadi

Para pemain Barcelona.

Para pemain Barcelona.

Foto: azulgrana-fcb.blogspot.com

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Teka-teki pengganti Tito Vilanova di kursi pelatih Barcelona memang belum terjawab. Nama pelatih asal Argentina, Gerardo Martino, dan eks pelatih Barcelona B, Luis Enrique, pun menempati daftar teratas calon pelatih anyar El Barca.

Sejumlah media asal Spanyol menyebut, Direktur Olah Raga Barcelona, Andoni Zubizarreta, telah berada di Buenos Aires, Argentina, untuk berbicara dengan Gerardo Martino. Nama mantan pelatih timnas Paraguay itu pun menjadi salah satu nama terdepan untuk menjadi pengganti Tito Vilanova.

Keberhasilan Gerardo Martino mengantarkan Newell's Old Boy menjuarai Liga Argentina pada musim lalu menjadi salah satu alasan kenapa nama Martino menjadi kandidat kuat pelatih anyar Barca. Selain itu, kegemaran pelatih berusia 50 tahun itu untuk menerapkan sepak bola menyerang juga menjadi nilai tambah.

Dukungan terhadap Martino pun datang dari sejumlah penggawa Barcelona. Bintang Barca, Lionel Messi, menyatakan, Martino adalah pelatih yang disegani di Argentina. Kemampuannya tidak dapat diragukan lagi, dengan pembuktian sebuah titel Liga Argentina.

''Dilihat dari cara dia dan bagaimana dia bisa mendapatkan titel Liga Argentina sangat bagus. Tim yang dilatihnya bermain sangat baik, dan kami semua sangat menghormatinya,'' kata Messi kepada Diario Ole, seperti dikutip The Guardian, Senin (22/7).

Selain Messi, dukungan juga datang dari pemain senior Barcelona, Carles Puyol. Pemain bertahan timnas Spanyol itu masih mengingat bagaimana Spanyol harus berjuang keras saat menghadapi Paraguay, yang saat itu masih dibesut Martino. Pada saat itu, Spanyol akhirnya mampu menyingkirkan Paraguay 1-0 di partai perempat final Piala Dunia 2010.

''Saat itu, laga kontra Paraguay berlangsung dengan keras dan sulit. Dia adalah pelatih yang bagus, dan dia sangat menyukai gaya permainan Barcelona,'' tutur Puyol seperti dikutip reuters.

Kendati begitu, jangan lupakan nama Luis Enrique. Mantan pemain Barcelona itu juga disebut-sebut sebagai kandidat kuat pelatih tim asal Katalan tersebut. Sempat melatih Barcelona B, lantas hijrah ke AS Roma dan kemudian menangani Celta Vigo, Enrique dianggap mengerti dan mampu mempertahankan gaya permainan Blaugrana.

''Saya kira, Luis memiliki segalanya untuk bisa melatih Barca, sama dengan kandidat lain. Tapi, siapapun yang akhirnya melatih Barca, kami siap membantu dan memberikan yang terbaik,'' lanjut Puyol.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA