Jumat 19 Jul 2013 10:09 WIB

Agar Anak Perempuan Anda Lebih Pede dan Tangguh

Membesarkan anak perempuan adalah tantangan tersendiri/ilustrasi
Foto: oprah.com
Membesarkan anak perempuan adalah tantangan tersendiri/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa tak ingin punya anak gadis yang bisa diandalkan? Percaya diri menghadapi dan menyelesaikan masalahnya, tak terjebak pergaulan tak sehat di masa yang penuh godaan duniawi ini? Membesarkan anak perempuan menjadi manusia yang percaya diri seperti itu berarti memberikan bantuan-bantuan yang dibutuhkannya seperti dilansir motherwise.co.uk. Apa yang bisa Anda lakukan?

* Bantulah ia membangun rasa percaya dirinya dengan mendorongnya berani mengatakan tidak, bicara, mengajukan pertanyakan, dan mengungkapkan pemikirannya.

* Bantulah ia untuk mengenali diri sendiri --perasaan, kebutuhan, kemampuan, hasrat, dan hal-hal yang dirasakannya sulit sehingga ia membutuhkan bantuan.

* Bantulah ia percaya bahwa seiring pertumbuhannya, kelak ia akan bisa memenuhi kebutuhaan emosi, fisik, dan spiritualnya.

* Bantulah ia merasa nyaman dengan tubuhnya sendiri dan memahami bahwa dirinya yang memiliki tubuhnya. Di masyarakat yang mengagung-agungkan tubuh langsing, wajah yang molek, ini memang masalah sulit bagi para orang tua. Peran Anda amat dibutuhkan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement