Kamis 18 Jul 2013 11:15 WIB

Bos Formula 1 Didakwa Terlibat Skandal Suap

Rep: Nur Aini/ Red: Fernan Rahadi
 Bos F1 Bernie Ecclestone
Foto: AP Photo
Bos F1 Bernie Ecclestone

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Jaksa Jerman mendakwa bos Formula 1 Bernie Ecclestone atas tuduhan penyuapan. Tuduhan tersebut terkait dengan dana 44 juta dolar AS pembayaran kepada bankir Jerman Gerhard Gribkowsky dari Bayern Landesbank untuk penjualan saham di F1.

Ecclestone membantah telah menyuap dan mengatakan uang itu dimaksudkan untuk menghentikan bankir dari mengeksposnya atas penyelidikan pajak Inggris. Gribkowsky telah dijatuhi hukuman 8,5 tahun penjara di Muenchen.

"Saya baru saja berbicara dengan pengacara saya dan mereka telah menerima surat dakwaan," ujarnya dikutip BBC.

Ecclestone memiliki waktu enam pekan untuk menanggapi dakwaan. Dakwaan tersebut terkait dengan penjualan saham 47 persen di Formula 1 pada 2006 oleh Bayern Landesbank yang memperolehnya dari kelompok Kirch media.

Gribkowsky bertugas mengelola penjualan terhadap ekuitas pribadi kelompok CVC Capital Partners. Pada persiadangan tahun lalu, Gribkowsky mengaku menerima 41,4 juta dolar AS dalam komisi bank.

Dia mengatakan pembayaran itu untuk merendahkan nilai saham. Namun, Ecclestone mangatakan dia membayar Gribkowsky untuk tetap tenang, dia menyakini bankir berencana memberi informasi palsu kepada otoritas Inggris tentang urusan pajaknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement