Rabu 17 Jul 2013 11:58 WIB

Alami Gejala Ini, Mungkin Anda Diabetes

Mengukur kadar gula darah pada penderita diabetes
Mengukur kadar gula darah pada penderita diabetes

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, sebelumnya saya ucapkan terima kasih. Begini, keluarga saya ada yang mengidap diabetes melitus (DM). Yang saya ingin ketahui bagaimana memantau kadar gula darahnya? Hanya dapat dengan periksa laborat atau ada gejala lain yang bisa diamati? Jika harus periksa laborat berapa jarak waktu selangnya? Hal ini juga berhubungan dengan biaya. Dok apakah DM mirip asam urat keluhannya? Karena katanya nyeri di betis itu asam urat, namun periksa di laborat ternyata diabetes.

 

Waalaikumsalam Wr Wb

Diabetes Militus (DM) adalah suatu penyakit di mana tubuh tidak mengubah glukosa sehingga kadar glukosa (gula) dalam darah meningkat. Gejala klasik DM adalah banyak makan, banyak minum, banyak buang air kecil (poli fogi, poli dipsi, poli uri). Tapi, ada juga yang berupa luka dan sulit sembuh, rasa baal (jawa: jimpe) di tangan dan kaki.

Untuk mengetahui kadar gula dalam darah bisa melalui pemeriksaan darah atau urine. Saat ini ada pemeriksaan kadar gula dengan urine yang dapat dilakukan di rumah. Tapi, hasilnya hanya berupa “range” (angka kisaran), tidak menunjukkan jumlah/angka yang benar-benar tepat. Anda dapat konsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam. 

sumber : Rubrik konsultasi kesehatan
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement