Selasa 16 Jul 2013 16:58 WIB

Ingin Bayi Anda Sehat dan Cerdas? Ini Caranya

Bayi menyusui.
Foto: Foxnews
Bayi menyusui.

REPUBLIKA.CO.ID, Dokter Hardiono D Pusponegoro, SpA[K] mengungkapkan memberikan ASI merupakan hal sangat penting untuk perkembangan otak. Pada umur 8 tahun, bayi yang mendapat ASI mempunyai IQ 8 point lebih tinggi dibandingkan bayi yang tidak mendapat ASI, walaupun sudah dilakukan koreksi faktor sosial-ekonomi.

Di samping itu, kata Hardiono, banyak hal yang dapat dilakukan orang tua untuk meningkatkan kemampuan anak. Sebelum mulai hamil ia dapat memulai dengan mengkonsumsi asam folat dan nutrisi yang baik serta menjauhi berbagai macam toksin atau teratogen.

Pada saat hamil, ia tidak menyentuh alkohol, tidur cukup, tidak merokok, mencegah terjadinya stres, melakukan pemeriksaan antenatal bermutu tinggi, kemudian melahirkan anak sehat tanpa komplikasi. Ia segera memberi ASI, kemudian memberi makanan lain sebaik mungkin sesuai umur anak.

Orangtua juga perlu mengerti cara stimulasi bayi dan anak sesuai umurnya, bermain sebanyak mungkin dengan anak, bernyanyi, menggendong, membelai, berbicaram melatih, membacakan cerita dan menunjukkan berbagai aspek kehidupan dan cara kerja berbagai peralatan. Rumahnya sangat aman untuk anak, sehingga anak bebas mengeksplorasi rumah tanpa kata-kata ''jangan, awas, tidak boleh, hati-hati'.

Mereka akan membawa dan memperkenalkan anak dengan dunia luar secara aman, memperkenalkan anak dengan teman sebaya, membersihkan semua kotoran yang tersisa, membantu anak belajar musik, olahraga tanpa menjadi marah bila ternyata anak tidak berminat, memberikan pendidikan agama yang baik serta memasukkan anak ke program pra sekolah yang baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement