Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

5 Kesalahan Besar Saat Diet

Senin 15 Jul 2013 15:57 WIB

Red: Endah Hapsari

Banyak penyebab yang memicu diet gagal. Satu di antaranya makan cokelat/ilustrasi

Banyak penyebab yang memicu diet gagal. Satu di antaranya makan cokelat/ilustrasi

Foto: corbis

REPUBLIKA.CO.ID, Tak jarang diet justru dianggap sebagai malapetaka bagi kesegaran dan kesehatan tubuh. Berikut beberapa kesalahan umum yang sering dihadapi saat berdiet dan tips mengatasinya:

1. Tidak sarapan 

Diet dengan menghindari sarapan pagi akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Anda akan merasa lapar saat bekerja dan cenderung untuk makan makanan yang tidak sehat bagi tubuh. Anda pun bisa tak ragu memakan donat demi memenuhi rasa lapar itu. Bawalah selalu makanan dalam perjalanan, seperti buah, yoghurt atau sereal bebas lemak dalam bentuk batangan.

 

2. Makanan kegemaran keluarga 

Pasti buah hati atau suami Anda memiliki makanan favorit, dan hal tersebut sangat sulit sekali dihindari dalam menu keluarga. Masalahnya hampir semua masakan favorit keluarga adalah makanan tinggi lemak dan kalori. Makanlah menu favorit itu dalam porsi kecil dan perbanyak porsi salad atau sayur mayur dalam menu Anda. Cobalah untuk mengganti menu favorit keluarga dengan jenis makanan yang rendah lemak.

 

3. Social over-eating Rata-rata orang cenderung untuk makan sampai sekitar empat kali sehari saat bepergian. Itu sebabnya Anda membutuhkan beberapa strategi makan saat sedang bepergian dan cobalah untuk memperlakukannya secara religius sehinga hal tersebut bisa menjadi sebuah kebiasaan. Carilah menu yang menyajikan masakan rendah kalori, seperti masakan yang dipanggang atau dibakar dan selalu mintalah saus sehingga Anda bisa selalu mengontrol kalori dalam makanan yang dikonsumsi.

 

4. Tidak menghitung kunyahan 

Cobalah untuk selalu makan snack diantara jam makan utama sementara pikiran Anda terfokus pada hal yang lain, seperti mencuci pakaian atau membaca majalah. Dan tanpa terasa Anda telah mengunyah beberapa kali. Rancanglah sebuah peraturan, seperti tidak akan makan saat menonton teve. Selalu mencatat poin-poin ini dalam buku jurnal Anda. Selalu mengetahui apa yang dicatat akan membantu Anda untuk berpikir dua kali saat akan mengunyah.

 

5. Berharap terlalu banyak 

Terlalu berharap berat badan turun dalam waktu singkat adalah kesalahan terbesar yang dihadapi pelaku diet. Jika Anda memang ingin mengurangi berat badan cobalah untuk menguranginya tidak lebih dari setengah pon sampai dua pon seminggu. Banyak orang mengharapkan penurunan berat badan lebih besar lagi dan cenderung mulai menyerah jika harapan tak segera tercapai. Berpedoman pada ungkapan pelan tapi pasti itu lebih tepat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA